Pingin Girboks CVT Awet, Perhatikan Hal Ini

Pingin Girboks CVT Awet, Perhatikan Hal Ini

Transmisi CVT sudah bukan barang baru bagi pengguna mobil di tanah air. Di Indonesia Fiat Uno muncul sebagai pelopor dengan sistem yang mereka sebut Selecta. Namun baru benar-benar populer setelah kemunculan Honda Jazz pada tahun 2007. Kini penggunaan jenis transmisi yang dipelopori oleh DAF ini tergolong cukup banyak di Indonesia dan termasuk Daihatsu New Sirion yang mengadopsi D-CVT alias dual CVT.

Akan tetapi ada sebagian pendapat mengatakan bahwa CVT bakal bikin pening kepala saat terjadi kerusakan pada unit transmisi. Konon kerusakan pada transmisi CVT akan terjadi lebih masif dan bakalan merogoh kocek lebih dalam dibandingkan transmisi AT konvensional.

“Pada dasarnya sistem kerja CVT relatif sama, mengandalkan kinerja sepasang pulley dan sabuk baja. Hanya saja pada sistem D-CVT ada semacam mekanisme yang mentransfer kinerja CVT pada gir planetary seperti yang digunakan pada mobil AT konvensional,” terang Bambang Supriyadi, Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor saat ditemui di Tomohon, Sulawesi Utara.

Bambang kurang setuju jika dikatakan bahwa jenis transmisi CVT cepat rusak dibanding AT konvensional. “Sebenarnya transmisi CVT bisa cukup awet bahkan bisa bertahan seumur mobil,” sambungnya. “Akan tetapi ada syarat yang harus dipenuhi. Cukup dua kunci yang harus diperhatikan yakni kuantitas dan kualitas oli transmisi selalu terjaga baik.
Dari segi kuantitas, pemilik mobil harus memperhatikan apabila ada kebocoran yang terjadi. Jangan sampai volume oli transmisi tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.
Selain itu pastikan juga menggunakan oli transmisi yang sesuai dengan kebutuhan CVT. Pria asal Jawa Tengah ini juga menyebutkan bahwa jadwal pergantian oli transmisi ini mencapai 80 ribu kilometer atau 3 tahun sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com