Mudik Lebih Hemat, Ketahui 4 Trik Irit BBM

Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 24 April 2022 15:00 WIB
Tips - Mudik Lebih Hemat, Ketahui 4 Trik Irit BBM
Bagikan ke:
Mudik ke kampung halaman diprediksi akan menghabiskan banyak waktu di jalan. Namun jika ingin irit bahan bakar, ketahui cara-cara berikut ini

Ketika Anda memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Tentu Anda perlu mempersiapkan fisik dan materi agar perjalanan tidak melelahkan dan membosankan.

Apalagi saat Anda melewati jalur utama mudik sepanjang jalan trans Jawa, diprediksi kepadatan akan membuat Anda jenuh di jalan.

Namun jika kondisi tubuh Anda fit dan siap menghadapi kemacetan. Anda juga perlu mengetahui cara menghemat bahan bakar agar lebih ekonomis saat mudik lebaran.

Foto - Mudik Lebih Hemat, Ketahui 4 Trik Irit BBM

Berikut 4 tips berkendara agar mobil lebih hemat bensin saat mudik Lebaran 2022, dilansir dari situs resmi Auto2000:

1.      Hilangkan Kebiasaan Rem Mendadak

Tips yang pertama adalah mengurangi kebiasaan rem mendadak. Pasalnya, hal ini dapat memicu konsumsi bahan bakar lebih banyak karena kecepatan mobil yang berkurang secara drastis. Dengan begitu, mesin memerlukan energi yang lebih besar untuk kembali melaju.

Apabila kebiasaan ini diulang terus menerus, konsumsi BBM akan cenderung lebih boros. Maka dari itu, bagi pengguna mobil matik ataupun manual tidak disarankan untuk melakukan rem mendadak secara terus-menerus.

2.      Jangan Berakselerasi Spontan

Selanjutnya pengemudi tidak disarankan untuk melakukan akselerasi secara spontan dalam perjalanan mudik Lebaran 2022. Hal ini nantinya dapat membuat bahan bakar terbuang percuma.

Boros bahan bakar karena akselerasi mendadak ini bisa terjadi pada mobil manual dan matik. Pengendara pun disarankan untuk menekan pedal gas secara perlahan agar bahan bakar lebih efisien.

3.      Tidak Agresif saat Berkendara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gaya berkendara menjadi salah satu penyebab mobil menjadi boros. Maka dari itu setiap pemudik tidak disarankan untuk berkendara secara agresif.

Kendati situasi jalanan kosong atau lenggang, pengendara tidak disarankan untuk memacu mobilnya sampai mesinnya ‘teriak’. Kondisi ini nantinya bakal membuat bahan bakar menjadi lebih boros.

4.      Jaga Jarak

Tips berkendara agar hemat BBM saat mudik Lebaran 2022 terakhir adalah jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan. Hal ini berkaitan dengan tips pertama, yakni menghindari rem mendadak.

Apabila mobil di depan melambat, maka pengemudi tidak disarankan untuk langsung menginjak rem.

Anda sebaiknya memanfaatkan engine brake terlebih dahulu, Apabila jaraknya sudah terlalu dekat dengan kendaraan lain, barulah gunakan pedal rem. Demikianlah trik agar hemat BBM untuk perjalanan panjang arus mudik lebaran tahun ini.

#tips #mudik-lebaran

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.