Membersihkan Mobil Sehabis Digunakan Mudik Lebaran, Apa Saja Yang Diperlukan?

Membersihkan Mobil Sehabis Digunakan Mudik Lebaran, Apa Saja Yang Diperlukan?

Selepas digunakan mudik lebaran, tentu Anda perlu mengecek bagian-bagian mobil seperti ban, dan ruang mesin.

Namun jika ingin menyeluruh, Anda juga perlu membersihkan kabin mobil dan eksterior agar kondisinya kembali prima.

Kali ini Auto2000 memberikan tips untuk membuat mobil tetap bersih dan nyaman setelah digunakan berpergian jarak jauh saat mudik lebaran kemarin.

Persiapan Sebelum Mencuci Mobil  

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan bahan perawatan mobil. Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dan usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil untuk memudahkan proses pembersihan.  

Mencuci Bodi Mobil  

AutoFamily bisa memulai dengan menyemprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat. Selanjutnya beralih ke bodi mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat bergerak turun dengan baik.  

Selanjutnya Auto Family bisa menggunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil. Lakukan pemeriksaan pada bagian yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.  

Membersihkan Ruang Mesin  

Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Cukup memakai lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.  

Membersihkan Kabin Mobil  

Sama seperti eksterior dan kompartemen mesin, AutoFamily harus hati-hati juga ketika membersihkan interior mobil. Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih. Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Sedangkan bagian  jok berlapis kulit sintetis cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Interior cleaner dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk menghilangkan kotoran.  

Pastikan Bagasi Mobil Bersih  

Jangan lupakan juga bagian bagasi mobil. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya tidak lembab dan bau. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi untuk memastikan kotoran hilang. Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek.  

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com