Amankah Mematikan Dan Menghidupkan Mesin Tanpa Mematikan AC?

Amankah Mematikan Dan Menghidupkan Mesin Tanpa Mematikan AC?

Terkadang kita lupa mematikan AC sebelum mobil dimatikan mesinnya dan kemudian kembali menyalakan mesin mobil saat posisi tombol AC dalam posisi on.

Apakah hal ini aman dan diperbolehkan?

“Tidak ada masalah untuk menghidupkann-mematikan mesin dengan posisi tombol AC ‘on’. Pada mobil baru, logic ECU akan memerintahkan kompresor off saat cranking dan setelah mobil hidup baru akan on,” terang Didi Ahadi Dealer Technical Support Departement Head PT Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi OtoDriver, (13/02).

Namun hal ini jangan diterapkan pada mobil lawas yang umumnya belum mengandalkan managemen mesin melalui ECU. “Sebaiknya untuk mobil lawas, AC sebaiknya dimatikan, terutama pada saat akan menyalakan mesin mobil,” ungkap Didi. “Yang pasti, hal ini akan menambah kinerja motor stater karena juga akan memutar kompresor AC,” sambungnya.

Selain itu Suminto dari Suto AC di bilangan Pondok Gede , Bekasi menambahkan bahwa, pada mobil lawas lebih rentan rusak karena membiarkan AC tetep on saat menyalakan mesin mobil. “Lonjakan listrik yang signifkan saat cranking, berpeluang akan merusak beberapa komponen salah satunya adalah kompresor,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com