Komparasi Renault Kiger VS Toyota Raize, Calon Rival Sengit?

Komparasi Renault Kiger VS Toyota Raize, Calon Rival Sengit?

Renault Kiger dikabarkan bakal hadir di Indonesia pada 12 Agustus mendatang. Hal ini bahkan diumumkan langsung di situs resmi Renault.co.id. Komparasi Renault Kiger vs Toyota Raize akan menarik.

Penyebabnya mobil asal India ini akan bermain di segmen SUV entry level yang saat ini juga dihuni oleh duo kembar, Raize-Rocky. Sebagai komparasinya, kita ambil lawan yang dianggap paling 'seimbang' yakni Toyota Raize GR Sport CVT TSS.

Parameter yang diambil, mulai dari harga, mesin dan fitur. Seperti apa perbandingannya?

Harga

Di Indonesia, rencananya Kiger hanya akan masuk dalam satu tipe, yaitu RXZ CVT Turbo. Secara harga Renault sangat percaya diri dengan membanderol Kiger Rp 275,9 juta.

Ini artinya, harga Kiger sekitar Rp 12 jutaan lebih mahal lebih Toyota Raize GR Sport CVT TSS yang dilepas Rp 263,7 juta. Faktor harga inilah yang membuatnya 'seimbang', karena jika dibandingkan dengan Daihatsu Rocky ASA, selisih Kiger mencapai Rp 40 juta.

Tentu ada beberapa faktor yang membuat Kiger lebih mahal. Mulai dari produknya yang masih diimpor utuh, serta tak adanya potongan pajak pada Kiger.

Mesin

Menarik saat beralih ke sektor mesin. Karena secara spek, keduanya nyaris sama. Mulai dari sama-sama bermesin 1.000 cc turbo 3 silinder. Serta hadirnya transmisi CVT pada keduanya.

Tapi ditilik secara detail, mesin Kiger lebih bertenaga dengan daya 100 ps per 5.000 rpm serta torsi 160 Nm di 2.800-3.600 rpm. Ini artinya akselerasi mobil terasa lebih baik.
 
Karena mesin Raize yang bertenaga 98 ps di 6.000 hanya menghadirkan torsi 140 Nm di 2.400-4.000 rpm saja. Sedikit kalah di tenaga dan torsi, meski tidak signifikan bedanya.

Fitur

Kiger RXZ punya deretan fitur di sektor tampilan, juga kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Mulai dari lampu LED. Kemudian adanya Smart Access Card. Lalu ada layar 8 inci dengan Apple CarPay dan Android Auto.

Di sektor keselamatan berkendara, Kiger dibekali empat buah airbags, ABS dengan EBD, Electronic Stability Control, dan Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, Traction Control serta rear camera.

Di India, fitur clean air filter yang sanggup menyaring partikel hingga sebesar 2,5 mikron juga disematkan. Hal ini sangat bermanfaat di masa pandemi seperti saat ini. Penumpang belakang pun kebagian blower AC sebagai bagian pendinginannya.

Untuk Raize? Tak perlu diragukan, SUV ini jadi mobil produksi Indonesia pertama yang dilengkapi fitur TSS (Toyota Safety Sense). Paket fitur tersebut terdapat Lane Departure Assist dan Pedal Missoperation Control.

Kemudian Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, VSC, Hill Assist dan Blind Spot Monitoring.

Kesimpulan

Dengan selisih harga Rp 12 jutaan, Kiger menjadi pilihan mobil yang lebih bertenaga dan ingin tampilan berbeda. Namun bagi Anda yang memandang harga jual kembali yang tinggi dan fitur komplet, tak dipungkiri Raize sudah dipastikan jadi pilihan utama.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com