Inilah 6 Bekal GAC Aion Bersaing di Indonesia, Pantas Jadi Mobil Listrik Kedua Terlaris di China

Penulis: Ahmad Biondi
Rabu, 22 Mei 2024 13:00 WIB
Mobil Listrik - Inilah 6 Bekal GAC Aion Bersaing di Indonesia, Pantas Jadi Mobil Listrik Kedua Terlaris di China
Bagikan ke:
GAC Aion segera memasarkan produk-produk mereka di tanah air. Apa saja yang menjadi daya tarik produk-produknya?

OTODRIVER – Setelah BYD unjuk gigi di tanah air, kini giliran penjual mobil listrik kedua terbesar di China yaitu Aion yang bakal masuk ke Indonesia dan membawa beberapa teknologi muktahir yang mereka miliki.

Dengan investasi yang mereka gelontorkan ke depannya untuk pasar tanah air, GAC Group yang menaungi merek Aion membeberkan beberapa teknologi yang mereka miliki.

Berikut enam teknologi yang akan dibawa Aion pada lini produknya, berdasarkan rilis pers yang dibagikan :

1. Platform AEP 4.0 (Advanced Electrification Platform 4.0)

Teknologi ini mampu mengakselerasi kemampuan berkendara dengan kecepatan mencapai 300km/h, dengan 0-100kph dalam 4,9 detik menggunakan single-motor, atau 1,9 detik dengan kekuatan multi-motor.

2. Penggerak listrik terintegrasi 4-in-1

Sistem ini mengintegrasikan sistem dual-motor, pengendali, serta two-speed reducers, sehingga menghasilkan kekuatan 340 kW, mengefisiensi 90 persen penggerak komprehensif, meningkatkan 13 persen daya, mengurangi 30 persen volume kendaraan, serta mengurangi 25 persen bobot komponen kendaraan.

3. Baterai super-fast charging

Baterai ini memungkinkan perjalanan 200 km yang diklaim hanya dalam waktu pengisian lima menit atau enam kali lebih cepat dibandingkan kompetitornya.

Temuan ini didukung oleh serangkaian inovasi teknologi, seperti adopsi porositas tingkat tinggi yang dilapisi oleh separator keramik dan pemanfaatan material Three-dimensional Graphene (3DG) atau grafin tiga dimensi.

4. Arsitektur Xingling

Arsitektur Xingling merupakan kerangka komando elektronik dan listrik mutakhir milik Aion yang mengintegrasikan koneksi ethernet berkecepatan tinggi dengan jaringan 5G, dan fitur keamanan canggih guna mendukung efisiensi kinerja kendaraan listrik dan hybrid.

Arsitektur ini berbasis digital mirror cloud dan terdiri atas tiga komponen komputer core cluster dengan sistem komputasi terpusat yang secara signifikan meningkatkan pengemudian cerdas melalui sistem sensor multi-fusion yang menggabungkan 39 sensor, termasuk teknologi penglihatan jarak jauh inframerah Fengyun-3 dan LIDAR zoom generasi kedua.

Foto - Inilah 6 Bekal GAC Aion Bersaing di Indonesia, Pantas Jadi Mobil Listrik Kedua Terlaris di China
Kabin GAC Aion yang modern

5. Teknologi ADiGO 4.0 (Aion Digital Intelligent Gateway and Operating System)

Berfungsi sebagai otak kendaraan yang mengintegrasikan berbagai sistem dan komponen elektronik dalam kendaraan listrik. Teknologi ini menggabungkan sensor canggih serta peta presisi tinggi yang memungkinkan kemampuan mengemudi otomatis yang lebih baik.

6. Intelligent Healthy Cabin

Berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan pengguna di dalam kendaraan listrik.

Aion telah menginvestasikan lebih dari 500 juta yuan (sekitar Rp1 triliun) dalam penelitian dan pengembangan untuk memanfaatkan keunggulan BEV dalam hal kesehatan, lingkungan, dan jaringan cerdas. Inovasi ini memberi Aion sertifikasi level-A pertama di Tiongkok untuk kabin sehat CN95 dan kabin bebas elektromagnetik.

Aion juga memperkenalkan teknologi “Chinese Medicine Fragrance for the 24 Solar Terms”, sebuah teknologi perawatan kesehatan di dalam mobil yang pertama di dunia, yang telah lolos uji sterilisasi dan pembunuhan virus yang sudah di atas standar keamanan nasional.

“Sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai dua juta pengguna pada 2030, Aion hadir di Indonesia untuk mendukung tercapainya agenda tersebut. Melalui inovasi teknologi termutakhir ini, kami yakin dapat mendisrupsi industri otomotif nasional dengan mobil listrik yang memiliki value for money sesuai dengan standar nasional,” ujar CEO PT Indomobil Energi Baru, Andry Ciu. (AB)

#gac #aion

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.