Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Spooring?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Spooring?

Salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan oleh pengendara mobil adalah spooring. Tentu hal ini bisa menambah kenyamanan berkendara serta meminimalisir keausan ban secara dini.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk melakukan spooring pada mobil Anda? Aji Prima Barus selaku Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bahwa waktu yang tepat untuk spooring adalah saat kendali mobil mulai berat ke satu arah.

"Ketika aus, kanan dan kiri akan beda toe-nya. Lama-lama kan berubah, makanya perlu spooring. Ketika ingin spooring tie rod aus, ganti dulu tie rod-nya baru spooring Kalau aus dipaksakan spooring tidak bisa," jelasnya saat virtual press conference ADM bersama para jurnalis Kamis (4/3).

Karena pemakaian, toe bisa berubah karena di dalamnya terdapat boll joint yang lama-kelamaan akan aus. Ketika aus, panjang kanan dan kiri akan berbeda.

"Ketika toe berubah, maka steering narik ke kanan atau kiri. Misalnya awalnya posisi nol, kemudian roda sebelah kiri lebih positif maka roda tersebut akan narik ke kiri. Sebaliknya roda kanan, juga ke arah negatif maka akan ke arah kanan. Maka keausan ban pasti akan ke arah positif, ketika steering udah narik kanan atau kiri, itu sudah harus dilakukan spooring,” tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com