Cek Kelistrikan Saat Musim Hujan, Ini Bagian-Bagian Yang Terpenting

Cek Kelistrikan Saat Musim Hujan, Ini Bagian-Bagian Yang Terpenting

Ketika memasuki musim penghujan, maka ada beberapa bagian mobil yang perlu mendapatkan perhatian ekstra. Tidak hanya ban dan rem, system kelistrikan juga perlu ditinjau ulang karena memiliki peran yang vital.

Seperti dijelaskan pereli nasional yang juga brand ambassador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rifat Sungkar, hujan atau air merupakan musuh alami dari listrik.

"Sistem kelistrikan ini, menjadi yang paling ringkih (air hujan). Tolong hal ini perlu diperhatikan (pemilik mobil)," jelas Rifat dalam diskusi secara virtual.

Sementara itu, jika sistem kelistrikan terjadi masalah, hal tersebut adalah gangguan dari dalam. Pasalnya, jika sudah begitu, terlihat dari luar memang baik-baik saja, tapi di dalam bermasalah.

"Jangan sampai hal ini terjadi, gangguan kelistrikan itu masalah dalam. Walaupun kelihatannya kendaraan tidak rusak dan baik-baik saja, sistem kelistrikan ini penting banget agar bisa memaksimalkan kendaraan dan berjalan dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, Rifat juga menjelaskan lebih detail jika sistem kelistrikan itu terdapat beberapa jenis. Paling umum, adalah sistem kelistrikan di bodi seperti lampu, klakson, AC, Power Window. Kemudian, adalah juga sistem kelistrikan mesin, seperti starter, pengapian, dan injeksi BBM.

Ada juga sistem kelistrikan yang terkait dengan fitur keamanan dan keselamatan, yaitu hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), immobilizer, dan alarm.

Aspek yang harus diperhatikan dengan seksama, adalah lampu baik itu depan, belakang, rem serta sein. Periksa secara berkala komponen tersebut, dan khusus untuk rem belakang juga tidak boleh terlewat, karena memiliki fungsi yang cukup penting.

"Kalau lampu sein, biasanya indikatornya berkedip lebih cepat. Tandanya, harus masuk bengkel untuk ganti bohlam sein," pungkasnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com