Timbul Bunyi Misterius dari Rem? Cek 2 Hal Ini

Timbul Bunyi Misterius dari Rem? Cek 2 Hal Ini

Rem tentu menjadi komponen penting dalam suatu mobil. Tentu komponen vital ini menjadi satu-satunya yang dapat memperlambat laju kendaraan.

Meski tidak ada gejala-gejala kerusakan pada rem, namun acap kali rem menimbulkan bunyi misterius yang sampai telinga pengemudi saat perangkat tersebut bekerja. Suparna selaku Kepala mekanik Auto2000 Cilandak, Jakarta, menjelaskan ada dua faktor yang menyebabkan rem menimbulkan bunyi-bunyi misterius.

Foto: Ryan Fauzi

 

 

“Kampas rem yang kotor karena jarang melakukan perawatan bisa menyebabkan bunyi saat melakukan pengereman. Bisa kotor karena material-material tertentu, karena komponen rem jarang dibersihkan,” paparnya melalui siaran live Instagram bersama komunitas Toyota Yaris Club Indonesia pekan lalu (11/6).

Hal yang kedua, mungkin kualitas kampas rem yang digunakan wajib dipertanyakan. “Lalu yang kedua adalah penggunaan kampas rem non-genuine. Karena bahan materianya beda maka sering kali kampas rem non asli ini menimbulkan suara ketika pengereman,” tukas Suparna.

Jika mobil Anda mengalami kejadian serupa, segera bawa ke bengkel langganan untuk melakukan pengecekan pada bagian rem tersebut.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com