Pentingnya Merotasi Ban Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Pentingnya Merotasi Ban Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa pemilik mobil sebaiknya merotasi keempat roda mobil dari depan ke belakang, agar keausan pada telapak ban terjadi secara merata.

Selain berfungsi menopang bobot kendaraan, ban depan juga bekerja lebih keras karena berhubungan dengan gerak kemudi. Hal itu membuat ban depan lebih cepat habis ketimbang ban belakang.

"Rotasi ban memang sangat penting, supaya keausan telapak ban menjadi merata. Jika tidak dirotasi, ban bagian depan yang kerjanya lebih berat akan cepat habis karena sering dibuat belok," kata Deky Arjuna dari 1Station.

Adapun waktu yang tepat untuk merotasi ban mobil biasanya setiap 10 ribu kilometer, atau setiap melakukan perawatan spooring dan balancing. Jika rotasi ban dilakukan dengan benar, maka umur ban akan habis secara bersamaan yang memudahkan proses pergantian, yakni sekali kerja untuk empat ban.

Ada beberapa cara merotasi ban, yang pertama secara horizontal, ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kanan. Bisa juga secara diagonal, yakni ban depan kanan ditukar dengan belakang kiri. Begitu juga sebaliknya.

"Selain itu spooring juga penting, supaya ban habisnya merata. Jika posisi ban tidak lurus, maka umur ban akan semakin mudah berkurang,” tambah Deky.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com