Cara Mudah Merawat Ban Mobil di musim Hujan

Cara Mudah Merawat Ban Mobil di musim Hujan

Ban termasuk komponen yang perannya sangat vital pada kendaraan. Untuk itu dalam menggunakannya tidak boleh sembarang, harus apik. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini, ban dituntut bekerja lebih berat.

Lantas Bagaimana cara menggunakan dan merawat ban yang baik dan benar saat musim hujan?

Dikatakan Sales Manager Domestic PT Hankook Tires Indonesia, Apriyanto Yuwono, ada dua cara agar ban mobil baik-baik saja saat berkendara di tengah hujan. Yang pertama cek tinggi kembang ban.

"Sebenarnya simpel memang ban langsung bersentuhan dengan permukaan aspal jadi untuk tips pertama cek tinggi kembang ban, kalau sudah mendekati batas minimum 1,66 mm sebaiknya itu ban harus diganti," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/12).

 

Apriyanto menjelaskan dengan tips pertama tadi memungkinkan ban tetap aman. Karena akan banyak jalanan yang tergenang air saat hujan, dan bisa terjadi kondisi  air terakumulasi di depan ban mobil (hydroplanning).

"Akan terjadi understeer atau oversteer karena kondisi ban tidak lengket terhadap aspal," jelasnya.

Yang kedua adalah tekanan ban. Pemilik mobil 'wajib' mengecek tekanan angin pada ban secara rutin meski bukan saat musim hujan. Karena lanjut Apriyanto mengatakan, angin merupakan 'nyawa' dari ban.

"Apalagi kalau musim hujan, angin akan keluar sedikit demi sedikit pasti," tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com