Apapun Jenis Mobil Transmisinya, Tidak Perlu Dipanaskan Saat Mesin Dingin

Apapun Jenis Mobil Transmisinya, Tidak Perlu Dipanaskan Saat Mesin Dingin

Sebelum melakukan aktivitas mengemudi, memanaskan mobil menjadi kebiasaan yang wajib hukumnya. Walau mobil masa kini sudah dirancang tak perlu dipanaskan lama-lama, namun membiarkan dalam keadaan langsam di pagi hari dalam waktu yang singkat tak ada salahnya. 

Sebelumnya, kami sempat membahas kebiasaan yang harus dilakukan oleh pemilik mobil bertransmisi otomatik untuk meletakkan posisi transmisi di Netral ketika memanaskan mobil. Namun rupanya, bagi pihak APM seperti Toyota Astra Motor, kebiasaan tersebut bisa ditinggalkan oleh sang pemilik kendaraan.

Pasalnya, mobil keluaran tahun terkini, memanaskan mobil tidak dibutuhkan lagi. Hal ini seperti diutarakan oleh  Didi Ahadi Selaku Dealer Technical Support Departement Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Tidak perlu lagi dipanaskan, Mobil jaman terkini bisa digunakan langsung saat keadaan mesin dingin. Apalagi untuk mobil bertransmisi otomatik, pelumasnya sudah long life, ujarnya saat diwawancarai oleh tim OtoDriver (4/8).

Bahkan menurut Didi, mobil yang sudah berusia pun tidak perlu melalui tahap memanaskan mobil saat hendak digunakan.

“Tidak perlu. Di buku pedoman juga tidak harus dipanaskan. Tidak akan ada masalah.Karena ketika mobil dibawa jalan akan panas dengan sendirinya,” tambah Didi.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com