Amankah Langsung Mematikan Mesin Mobil Tanpa Mematikan AC?

Amankah Langsung Mematikan Mesin Mobil Tanpa Mematikan AC?

Sistem pendingin ruangan atau ac pada mobil terkadang perlu perhatian khusus supaya umurnya awet. Perhatian utamanya tentu cara penggunaan.

Beredar mitos yang menyebutkan bahwa mematikan AC mobil harus lebih dahulu ketimbang mematikan mesin mobil. Lantas apakah hal itu benar?

Tiyono selaku kepala mekanik di bengkel AC Sejuk Abadi di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan bahwa hal tersebut tidak lagi berlaku pada mobil-mobil modern.

"Mungkin kalau di mobil zaman dahulu itu berlaku, Tapi tidak di mobil-mobil modern karena sekarang kan sudah diatur sama ECU semua. Jadi, saat mesin masih belum hidup dan AC diaktifkan, AC tidak akan langsung menyala karena sudah diatur dari ECU. Begitu pun sebaliknya.," jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (25/11).

Ia menjelaskan bahwa kebiasaan ini tidak akan merusak komponen pendukung AC itu sendiri.

“Kebiasaan ini tidak akan merusak AC. Yang terpenting adalah jaga kebersihan AC seperti rutin mengganti filter AC,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com