4 Langkah Aman Saat Melewati Jalanan Menanjak

4 Langkah Aman Saat Melewati Jalanan Menanjak

Ketika Anda tidak lihat mengemudikan kendaraan atau bisa dibilang baru belajar. Maka saat melewati jalan menanjak akan menjadi tantangan yang cukup berat. Tak ayal sering ditemukan kasus dimana mobil gagal menanjak sehingga turun kembali dan mengakibatkan kecelakaan.

Lantas, bagaimana sih sebaiknya kita menghadapi jalanan yang menanjak? Apa saja yang perlu kita perhatikan agar tidak terjadi kecelakaan? Berikut empat factor penting yang perlu Anda ketahui :

1. Kunci Mengemudi di Jalan Menanjak

Kunci dari mengemudi mobil di rute mendaki adalah menjaga momentum kendaraan sehingga dapat melaju dengan mulus. Jaga emosi, fokus dan tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam yang bisa membuat Anda kehilangan kendali mobil, terutama ketika menanjak di jalan yang licin akibat keadaan jalan yang kurang layak atau hujan.

2. Optimalkan Transmisi Mobil

Walaupun mobil diperhitungkan sanggup melewati rintangan, sebaiknya posisi gigi transmisi diturunkan untuk memperoleh tambahan tenaga yang memadai. Usahakan supaya tidak menurunkan gigi di tengah rute pendakian agar mobil tidak kehilangan tenaga. Jika tanjakan landai dan panjang, Anda bisa menggunakan gigi 3, baik untuk mobil transmisi otomatis dan manual.

3. Melaju dengan Halus dan Tenang

Atur irama kendaraan dengan menjaga injakan pada pedal gas. Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam ketika mobil mulai menanjak supaya ban tidak kehilangan traksi yang membuat mobil sulit dikendalikan.

4. Periksa Kondisi Mobil di Bengkel

Tidak hanya kemampuan pengemudi, kondisi mobil secara teknis juga harus dijaga supaya dapat melewati tanjakan dengan aman dan nyaman. Seperti kinerja mesin jangan sampai bermasalah supaya dapat melaju tanpa kendala. Tentu Anda tidak mau laju mobil tiba-tiba tersendat di tengah tanjakan, apalagi kalau sampai mogok. Termasuk pula kondisi transmisi dan ban yang memegang peran penting dalam menyalurkan tenaga mesin ke jalan.

Nah, untuk Anda para pemilik mobil Toyota, nikmati Promo PERKASA untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber berupa diskon jasa sebesar 30% dan diskon parts sebesar 15%. Ditambah Promo GLEDEK yang juga berlaku hingga 31 Desember 2020 berupa diskon pembelian wiper fluid sebesar 20%, wiper blade 10%, dan ban sampai dengan 27%. Syarat dan ketentuan berlaku, silakan cek menu PROMO Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lengkap.

“Pastikan Anda dapat melewati jalan menanjak dengan aman dan nyaman dengan memperhatikan cara mengemudi yang tepat dan kondisi mobil yang prima. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu mempersiapkan mobil AutoFamily agar selalu siap dipakai di berbagai kondisi jalan. Segera kunjungi Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (28/11/2020).

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com