Alami Gejala ini? Segera Cek Kanvas Rem Mobil Anda

Alami Gejala ini? Segera Cek Kanvas Rem Mobil Anda

Rem merupakan salah satu komponen sangat penting bagi sebuah mobil. Alat pengurang kecepatan ini sejatinya tidak boleh rusak maupun mengalami gangguan. Karena jika rem rusak, maka bisa berakibat fatal.

Sistem pengereman pun terdiri dari beberapa komponen. Salah satunya adalah kanvas rem alias brake pad dalam bahasa Inggris. Komponen ini penting untuk dilakukan penggantian secara berkala. Brake pad sendiri adalah komponen yang masuk golongan fast moving, artinya penggantiannya termasuk cepat.

 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kanvas rem? Berikut adalah beberapa tips ciri-ciri kanvas rem yang harus segera diganti menurut Sumarmin, Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, Jakarta Selatan.

1. Jarak tempuh mobil

Jarak tempuh yang tercatat di odometer berkaitan dengan masa pakai sistem pengereman pada mobil itu sendiri. Pada mobil bertransmisi manual, jika sudah menempuh 60.000 hingga 70.000 km sebaiknya segera ganti kanvas rem. Lantas untuk mobil transmisi otomatik, ganti kompenen yang sama saat sudah menempuh 35.000 hingga 40.000 km.

Mobil transmisi otomatis lebih cepat diganti karena lebih minim gejala engine brake sehingga pemakaian rem lebih sering. Namun, kondisi jalan yang perkotaan cukup padat dan banyak stop and go, membuat kerja rem menjadi semakin berat.

Efeknya kanvas rem akan lebih cepat habis, penggantian bisa 5.000 hingga 10.000 km lebih awal dari jarak tempuh normal.

2. Rem tidak pakem

Masalah ini biasanya disebabkan dua komponen. Pertama adalah master rem yang sudah rusak. Bisa karena sil bocor, maka minyak rem tidak bisa maksimal menekan piston kaliper.

Selain itu, kanvas rem juga bisa jadi penyebabnya. Bisa karena sudah mulai menipis atau karena kualitas produk yang buruk, misalnya menggunakan kanvas rem imitasi.


3. Pedal rem terasa dalam

Pijakan pedal rem yang semakin dalam, bisa diindikasikan kinerja pengereman mobil Anda sudah berkurang. Penyebabnya bisa karena kanvas rem yang sudah tipis. Selain itu juga,  pedal rem yang diinjak dalam ketika mengerem bisa juga berasal dari master rem yang bermasalah.

4. Volume minyak rem

Salah satu cara paling mudah untuk melihat keausan kanvas rem Anda adalah melihat volume minyak rem. Bila minyak rem turun jauh dari batas normal, bukan berarti wadah minyak rem bocor atau cairan tersebut habis. Bisa jadi kanvas rem mobil Anda sudah habis.

 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com