Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu Transmisi CVT dan Keunggulannya

Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu Transmisi CVT dan Keunggulannya

Sebagian besar mobil bertransmisi otomotik yang beredar di pasaran saat ini, sudah menganut sistem transmisi CVT. Hal tersebut banyak dilakukan pabrikan, karena transmisi CVT dianggap memiliki perpindahan yang halus serta lebih hemat bahan bakar.

Lantas, untuk yang belum mengetahui apa itu transmisi CVT. Daihatsu memberikan penjelasannya secara singkat.

Jadi, Continuously Variable Transmission atau yang lebih dikenal dengan CVT, merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih advanced atau canggih dibanding transmisi otomatis (A/T) konvensional.

Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis dan tidak perlu menginjak kopling, transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis biasa.

Jika pada transmisi otomatis konvensional sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT  bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Di negara asal Daihatsu di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT ini. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com