Chevrolet Silverado EV RST Bisa Jadi Sumber Listrik Rumah

Paket tambahan ini ‘hanya; sebagai sumber energi listrik cadangan di rumah jika ada mati lampu
Penulis: Erie W. Adji
Senin, 13 Mei 2024 10:00 WIB
Mobil Listrik - Chevrolet Silverado EV RST Bisa Jadi Sumber Listrik Rumah
Bagikan ke:

OTODRIVER - Raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM), terbilang sangat bergegas membuat beragam terobosan inovatif atas berbagai model mobil listrik buatannya. Apa lagi kalau bukan untuk meningkatkan daya pikat calon pembeli.

Salah satunya pada Chevrolet Silverado EV GTS “First Edition”, dikutip dari laman caranddriver.com, yang kini ada fitur khusus yang bisa dimanfaatkan untuk sumber penerangan rumah. Nama fitur itu adalah V2H (Vehicle-to Home) yang bisa dimanfaatkan untuk sumber penerangan rumah itu merupakan modul terpisah (stand alone) dari mobil.  

Modul yang bernama resmi “V2H Enablement Kit” itu yang akan dipasang di rumah dan menjadi penghubung bagi energi listrik dari mobil ke jaringan kelistrikan tempat tinggal pemilik mobil. Uniknya modul ini bisa dipindahkan ke lokasi yang berbeda meski akan ada proses tambahan untuk menyesuaikan denah kabel listrik di setiap rumah.

Sistem V2H ini menjadikan pikap tenaga listrik ini bisa diisi daya sekaligus mengisi daya rumah. Di dalam paket peranti isi ulang listrik “V2H Enablement Kit” ada peranti yang dinamakan “GM Energy PowerShift Charger” yang terdiri dari terdiri dari power inverter, home hub, dan baterai ‘dark start’ yang semuanya bisa dipakai untuk pengisian daya normal Level 2.

Dalam keadaan normal, ketika masih menggunakan jaringan listrik utama, baterai ‘dark start’ diisi daya secara perlahan hingga full. Nah, ketika jaringan listrik utama mati, maka baterai ini akan memasok daya voltase rendah kepada sistem kelistruikan di rumah.

Sementara modul PowerShift Charger ini juga akan bekerja simultan memberikan pasokan daya kepada power inverter tadi yang kemudian mengaliri home hub dengan listrik tegangan AC. Home hub ini selanjutnya menyalurkan listrik kepada sirkuit listrik rumah.

Berbekal alat tersebut, konsumen bisa memilih apakah cadangan listrik digunakan untuk seluruh rumah atau hanya sirkuit tertentu. Kendaraan bisa memasok daya hingga 9,6 kW, yang dinilai pihak GM cukup untuk keperluan penting.

Paket pembangkit daya listrik tambahan ini di Amerika Serikat dilabeli harga 12.699 dolar AS atau setara Rp203 jutaan. Kapasitas  daya tampung baterainya 10.6 kWh. Selain itu ada juga paket dengan baterai yang berdaya tampung mulai dari 17,7 sampai 35,5 kWh.

Chevrolet Silverado EV RST First Edition sendiri punya kapasitas tampung daya 20 kWh di baterai internalnya.

Paket yang sama dalam waktu dekat juga akan disematkan sebagai paket tambahan untuk sejumlah model Chevrolet lainnya seperti; Equinox, Blazer EV, GMC Siera EV Denali, dan Cadillac Lyriq. Semua rencana rilis tahun ini juga. (EW)

#mobilistrik #baterai #ev #listrirumah #chevrolet #general-motors

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.