Genjot Produksi, KIA Siapkan Pabrik Khusus Untuk Kendaraan Listrik

Genjot Produksi, KIA Siapkan Pabrik Khusus Untuk Kendaraan Listrik

Kia tengah fokus menggarap pasar mobil listrik dengan ingin memperbanyak produksi mobil setrum mereka. Kepastian ini didapat setelah produsen asal Korea Selatan tersebut menangguhkan salah satu pabrik mereka untuk persiapan produksi EV.

Sebagai anak perusahaan Hyundai Motor Co, KIA akan mengikuti jalur line up mobil ramah lingkungan yang dimiliki sang kakak. Oleh karena itu, pabrik di Gwangmyeong No. 1, di selatan Seoul, menjadi pabrik kendaraan listrik pada akhir Desember, demikian pernyataan perusahaan dalam pengajuan regulasi.

Menurut pengajuan tersebut, diperkirakan akan memakan waktu bagi pabrik itu untuk memulai produksi kendaraan listrik setelah periode penangguhan selama enam bulan.

Kendaraan utilitas subkompak Stonic yang diproduksi di Pabrik Gwangmyeong No. 1 akan diproduksi oleh Donghee Auto, yang sebelumnya telah menghasilkan mobil mini Morning dan Ray untuk Kia, kata juru bicara perusahaan.

Kia memiliki delapan pabrik di Korea, yakni dua di Gwangmyeong, tiga di Hwaseong, dan tiga di Gwangju, serta tujuh pabrik di luar negeri yakni tiga di China, satu di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko, dan India. Kapasitas produksi mereka secara keseluruhan adalah 3,84 juta unit per tahun. 

Pada bulan April, produsen sedan K5 dan SUV Sorento ini mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk menjual 1 juta kendaraan listrik pada tahun 2026, dan secara bertahap mengisi jajaran kendaraan listrik mereka dengan 15 model pada tahun 2027.

Kia baru-baru ini meluncurkan SUV listrik andalannya, EV9, sebelum peluncuran domestiknya pada kuartal kedua. Mereka berencana untuk secara bertahap meluncurkan EV9 di Eropa, Amerika Serikat, dan pasar lainnya pada paruh kedua tahun ini.

EV9 dengan tiga baris kursi ini adalah model kedua Kia yang dilengkapi dengan platform EV khusus Hyundai Motor Group, yang disebut E-GMP, setelah SUV EV6 diluncurkan pada tahun 2021.

Kendaraan ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 99,8 kilowatt-jam dan diperkirakan dapat melakukan perjalanan lebih dari 500 kilometer dengan sekali pengisian baterai.

Pada hari yang sama, sebagian besar pabrik domestik Kia mengalami kerugian produksi akibat mogok kerja sebagian selama empat jam di setiap pabrik, sesuai dengan pedoman Serikat Pekerja Logam Korea.

Kia menyatakan hal ini dalam pengajuan lainnya, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai mogok kerja sebagian tersebut. Demikian disiarkan Yonhap, Rabu (31/5).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com