VinFast, Asal Vietnam Resmi Incar Segmen Tesla. Luncurkan Tiga SUV Berteknologi EV

VinFast, Asal Vietnam Resmi Incar Segmen Tesla. Luncurkan Tiga SUV Berteknologi EV

Pabrikan asal Vietnam, VinFast mengumumkan tiga model SUV barunya yang mengasup teknologi elektrifikasi. Ketiganya adalah VF31 yang merupakan SUV segmen C berukuran sedang, VF32 mewakili segmen SUV D berukuran sedang yang lebih mewah dan VF33 mewakili SUV E berukuran fullsize.

Dalam keterangan resminya (22/01)disebutkan bahwa langkah VinFast untuk mengenalkan ketiga SUV EV nya tersebut merupakan gambaran visi global pabrikan yang bermarkas besar di Haiphong, Vietnam ini. Pabrikan ini berambisi untuk menjadi pabrikan kendaraan EV berteknologi tinggi, mengembangkan ekosistem transportasi hijau dan menekan polusi.

VinFast VF31VinFast VF31 Interior VinFast VF31

VF31 merupakan SUV kompak yang sepenuhnya merupakan kendaraan full elektrik yang menyediakan dua pilihan output 114 hp/190 Nm dan 201 hp/320 Nm yang masing-masing dimuntahkan dari dua motor listrik.

Mobil ini hadir dengan fitur otonom dasar dan bantuan mengemudi seperti lane departure warning, blind spot warning, dan beberapa fitur lain yang umummya dijumpai pada mobil premium. Namun mobil dengan panjang 4.300 mm ini hanya akan diedarkan di Vietnam, dan unit perdananya mulai dikirim pada November 2021.

Model kedua, VF32 menjadi model yang ditempatkan satu level lebih tinggi dibandingkan VF31 dan juga lebih besar dengan panjang 4.750 mm. VinFast mengklaim bahwa SUV-nya ini dilengkapi dengan teknologi otonom level 2-3.

Dalam hal ‘mesin’ versi standar VF32 berbagi dengan VF31 kelas tertinggi, sedangkan varian puncaknya dibekali dengan motor listrik dengan output 402 hp dan torsi 640 Nm. Performa sebesar itu akan didistribusikan pada keempat rodanya secara permanen.

Selain akan dikonsumsi untuk pasar lokal, VF32 akan menjadi komoditas eksport Vietnam untuk pasar AS,Kanada dan Eropa pada Juni 2022 nanti. Sedangkan untuk pasar domestik Vietnam bisa dinikmati pada Februari 2022.

VinFast VF32VinFast VF32VinFast VF32 Interior 

Model paling bongsor VF33 sekaligus merupakan paling mewah dari pabrik yang baru berumur tiga tahun ini. Dengan panjang 5.120 mm, atau kurang lebih seukuran BMW X7 praktis menjadikannya sebagai SUV yang menyediakan kenyamaan maksimal pada penggunanya.

VF33 menggunakan jantung yang sangat mirip dengan VF32, hanya saja mampu menjangkau jarak tempuh hingga 550 km dalam sekali pengisian baterai.

SUV yang  mengasup teknologi otonom level 3 hingga 4 dikabarkan baru akan meluncur di pasar lokal mulai September 2021. Sedangkan untuk pasar ekspor seperti di AS, Kanada dan Eropa menyusul pada November 2021.

VinFast VF33VinFast VF33
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com