Menyandingkan Nissan March Dari Dua Benua, Ternyata Banyak Bedanya

Menyandingkan Nissan March Dari Dua Benua, Ternyata Banyak Bedanya

Citycar Nissan March memang sudah tak lagi hadir di line up terbaru Nissan Indonesia tahun ini. Terakhir, versi lampu bulatnya dijual di harga Rp 185 jutaan dan tak lagi diperbarui karena penutupan pabrik mereka di sini.

Cerita berbeda ada di luar negeri. Di mana Nissan March masih memiliki penggemarnya tersendiri. Hal ini membuat versi barunya tetap diproduksi.

Versi terbaru adalah Nissan March versi Meksiko yang dirilis 1 Februari lalu. Pembaruannya ada di facelift sektor eksterior. Sebelumnya March anyar, yang dijuluki Nissan Micra juga hadir di Inggris November 2020 silam. Keduanya ternyata berbeda. Seperti apa?

Desain

Secara garis besar, kedua March dari Meksiko dan Inggris menganut V-Motion yang jadi pakem desain Nissan saat ini. Hal tersebut diwakili dari desain grill keduanya.

Namun pada versi Inggris, aksen krom pada V-Grille terlihat lebih kecil. Pun demikian dengan sudut headlamp LED yang lebih sipit dan lebih sporty. Secara tampilan mirip sedan Nissan Versa.

 

 

Handle pintu belakangnya terdapat di pilar C. Dan desain buritannya mempertahankan kesan sporty dengan desain berotot dan stoplamp bumerang.

Sementara front fascia March Meksiko lebih sederhana dengan V-Grille besar. Secara keseluruhan, front fascianya mirip dengan Nissan Kicks. Uniknya di bagian belakang, masih ada desain membulat seperti di March generasi sebelumnya, yang juga dijual di Indonesia.

Beralih ke interior, persamaan keduanya mungkin hanya ada di desain setir palang tiganya saja. Sisanya, mulai dari kisi AC, panel dasbor, center cluster hingga head unit pun berbeda.

Fitur

Dirancang untuk kendaraan harian, kedua March ini dibekali fitur mumpuni. Di versi Meksiko, faktor keselamatan ditunjang rem ABS dan EBD serta 6 airbag. Lainnya, ada AC otomatis dan smart key.

Lalu hiburannya disokong LCD layar sentuh 6,75 inci dengan koneksi ke smartphone lewat Apple CarPlay atau Android Auto.

Istimewa

Istimewa

Di versi Inggris, varian tertingginya sudah dilengkapi dengan teknologi yang memudahkan pengendalian mobil seperti Hill Start Assistance, Intelligent Ride Control dan Intelligent Trace Control.

Paket keselamatan Safety Pack turut tersemat. Seperti High Beam Assist, Intelligent Lane Intervention, Traffic Sign Recognition hingga Intelligent Forward Emergency Braking with Pedestrian Recognition.

Mesin

Lahir di benua yang berbeda, mesin yang diusung kedua March ini juga beda. Dapat dilihat, March versi Meksiko mengusung mesin bensin 1.600 cc 4-silinder dengan daya 106 dk dan torsi 142,3 Nm.

Di Inggris, March memakai mesin bensin 1.000 cc turbo 3-silinder yang menyembur daya 92 dk namun torsinya melimpah hingga 160 Nm.

Harga

Dengan desain dan fitur yang lebih kompleks, Nissan March versi Inggris tentu dijual lebih mahal. Bahkan jauh jika disandingkan dengan saudaranya di Meksiko.

Sebagai catatan, March baru di Meksiko dijual mulai 219.900 peso atau Rp 151,7 juta. Sementara harga Nissan March 2021 di Inggris mencapai £13.995 atau setara dengan Rp 262 jutaan.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com