Hyundai Staria Vs New Kia Carnival, Persaingan Satu Darah Dan Satu Platform

Hyundai Staria Vs New Kia Carnival, Persaingan Satu Darah Dan Satu Platform

Hyundai Staria telah mendarat mulus di jalanan Indonesia pada 20 Agustus silam. MPV bongsor ini banyak digadang-gadang sebagai salah satu pengganggu segmen MPV ningrat yang anteng dipegang oleh Toyota Alphard.

Namun sepertinya petarung lain dari Korea pun tertarik dengan segmen kaum wangi ini. Walau masih terkesan malu-malu, namun Kia terbaca gelagatnya untuk segera menjajakan MPV bongsor andalannya yakni New Carnival.

Walau New Carnival masih tergolong misterius untuk tanggal debutnya di tanah air, namun ternyata punya hubungan istimewa dengan MPV Hyundai tersebur. Keduanya dikembangkan dari platform dengan kode yang sama yakni N3.

Dalam pengembangannya, Carnival kemudian mendapatkan kode KA4, sedangkan untuk Staria hadir dengan label kode SU4.

Kendati keduanya dibiakkan dari DNA yang sama, namun ternyata dimensi mereka berbeda.

Staria memiliki  5.255 mm (panjang) x 1.995 mm (lebar) x 1.990 - 2.000 mm (tinggi) dengan wheelbase 3.275 mm. Sedangkan Carnival berdimensi 5.155 mm x 1.995 mm x 1.740 mm dan punya wheelbase 3.090 mm.

Dimensi yang punya selisih yang cukup signifikan, walau keduanya bisa dijejali dengan kehadiran bangku ke empat. Namun sudah dipastikan penumpang Staria mendapatkan kelegaan yang lebih baik dibandingkan Carnival.

Sedangkan untuk mesin keduanya sama-sama menggunakan mesin diesel 2.200 cc. Walau masih sebatas asumsi, sepertinya Carnival akan menggunakan mesin ini, salah satunya karena sebelumnya Kia telah menjejalkan mesin solar dengan isi volume yang sama pada Grand Sedona.

Baik Staria dan New Carnival menggunakan mesin dengan isi silinder sama, akan tetapi harap lebih cermat, kedua mesin tidak sama persis. Hyundai menggunakan nama R II 2.2 dengan kode D4HB. Mesin ini memiliki figur tenaga di 175 hp/430 Nm. Mesin yang sama dengan yang digunakan pada Kia Grand Sedona yang tak lain merupakan model sebelumnya dari New Carnival.

Sementara Carnival menggadopsi mesin dengan kode lain yakni D4HE yang mereka sebut sebagai Smartstream D2.2 CRDi dengan figur performa yang lebih besar yakni 199 hp/441 Nm. Mesin ini merupakan pengembangan dari D4HB dengan dimensi blok yang sama, namun secara keseluruhan mesin ini pun lebih ringan 38kg dari R II.

Keduanya dicomblangkan dengan transmisi matik 8 percepatan yang disalurkan pada roda depan.

Pilih yang mana?

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com