Ada GR dan GR Sport di Toyota, Ketahui Perbedaannya di Sini

Penulis: Ahmad Biondi
Sabtu, 21 Agustus 2021 13:00 WIB
Komparasi - Ada GR dan GR Sport di Toyota, Ketahui Perbedaannya di Sini
Bagikan ke:
Lini Toyota Gazoo Racing telah dipasarkan di tanah air. Ada delapan model yang hadir dari Supra hingga Agya. Lantas di Supra bertuliskan GR dan di Agya GR Sport. Apa bedanya?

Toyota Indonesia secara resmi menjual delapan model Toyota Gazoo Racing yang terdiri dari GR Supra, GR Yaris, Raize GR Sport, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport dan Veloz GR Limited.

Dari beberapa model yang dihadirkan, ada yang mengusung nama GR dan ada yang tertulis sebagai GR Sport. Lantas apa sih perbedaan keduanya?

"GR itu adalah satu produk utuh contohnya GR Yaris. Kalau GR sport adalah produk yang terbagi dua, baik produk yang biasa (non GR) maupun ada yang GR-nya juga. Jadi ditambahkan beberapa komponen atau item-item yang bersifat GR sehingga membuat produk itu kami sebutnya grade GR," terang Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini.

Secara garis besar, produk GR ditujukan bagi pecinta otomotif yang menginginkan mobil berperforma tinggi seperti halnya GR Yaris yang menyerap DNA motorsport Toyota GR Yaris WRC di ajang reli dunia. Sedangkan produk GR Sport merupakan existing model yang diracik sesuai dengan identitas Gazoo Racing yang sporty.

Produk-produk itu bisa ditemui pada Raize GR Sport, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, serta Veloz GR Limited yang hanya dibuat sebanyak 3.700 unit.

Foto - Ada GR dan GR Sport di Toyota, Ketahui Perbedaannya di Sini

Lebih lanjut Anton menyampaikan, pihaknya sedang mempelajari apakah diperlukan fasilitas atau layanan khusus untuk Toyota Gazoo Racing family.

Anton memberikan contoh di Jepang, dan beberapa negara lain di mana ada workshop yang ditunjuk khusus oleh Toyota dengan sertifikat GR garage. Workshop-workshop tersebut memiliki mekanik dan perlengkapan bengkelnya juga lengkap.

Tentu saja untuk mewujudkan itu dibutuhkan investasi terlebih lagi di workshop itu pelanggan bisa melakukan pemasangan part atau mungkin tuning performance dan sebagainya yang lebih canggih lagi dan juga detail. Dan mungkin bisa juga membantu konsumen kalau memang ada yang ingin ikut balapan.

Sepertinya langkah Toyota dalam melabeli GR dan. GR Sport ini kurang lebih sama dengan yang terjadi pada TRD dan TRD Sportivo. TRD lebih berfokus pada pendongkrak performa, sedangkan TRD Sportivo lebih ke arah penampilan.

#toyota #gr-sport

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.