Komparasi Dua Double Cabin Terlaris di Indonesia, Toyota Hilux VS Mitsubishi Triton

Komparasi Dua Double Cabin Terlaris di Indonesia, Toyota Hilux VS Mitsubishi Triton

Berangkat dari data penjualan Gaikindo dimana pasar double cabin masih didominasi dua pemain lama yaitu Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton, OtoDriver mencoba membandingkan keduanya dari segi spesifikasi.

Apalagi kedua mobil termasuk yang memiliki model paling anyar ketimbang para pesaing lainnya. Hal tersebut membuatnya cukup diminati konsumen di seluruh Indonesia.

Pada keluarga Triton terdapat dua mesin diesel yang ditawarkan yakni mesin 4N15 berkapasitas 2.400 cc dan 4D56 bervolume 2.500 cc. Sedangkan pada Hilux terdapat varian mesin diesel 2GD-FTV bervolume 2.400 cc, dan mesin bensin 2.000 cc. Pada komparasi ini kami mengambil basis pada kendaraan yang berada sebagai varian tertinggi yang kebetulan masing-masing mengandalkan mesin berkapasitas setara yakni 2.400 cc.

Dimensi

Berbicara dimensi, Toyota Hilux hadir dengan panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.815 mm dan memiliki wheelbase 3.085 mm.

Sementara Mitsubishi Triton perkasa dengan panjang 5.305 mm, lebar 1815 mm, tinggi 1.780 mm dan panjang wheelbase 3.000 mm.

Secara keseluruhan, Hilux ternyata berdimensi lebih besar ketimbang Triton. Hilux lebih panjang 20 mm, lebih lebar 40 mm, lebih tinggi 35 mm dan wheelbasenya lebih panjang 85 mm.

Mesin

Kemudian berbicara performa mesin, Hilux terbaru tipe tertinggi mengandalkan mesin diesel 2GD-FTV dengan kapasitas 2.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga 149 PS serta torsi 400 Nm.

Sedangkan Mitsubishi Triton dipersenjatai mesin  4N15 turbodiesel MIVEC berkapasitas 2.400 cc yang bertenaga 181 ps dengan torsi sebesar 430 Nm.

Keduanya memiliki kapasitas mesin yang sama, namun berbicara performanya Triton ternyata mencatatkan hasil lebih baik dengan tenaga lebih besar 32 ps dan torsinya lebih besar 30 Nm.

Fitur

Sebagai double cabin modern, kedua mobil tampil dengan fitur berlimpah seperti halnya ABS, EBD serta Active Stability Traction Control (ASTC). Kemudian ada juga fitur cruise control, Forward Collision Mitigation System. Lalu yang sangat dibutuhkan, adanya mode berkendara seperti 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc.

Namun untuk fitur hiburan, ternyata Hilux sedikit lebih unggul, ia memiliki head unit 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Kemudian untuk menambah kenyamanan, beberapa ubahan lainnya juga diaplikasi pada Hilux, seperti peredaman suspensinya yang dibuat membaik serta setir yang kini dilengkapi dengan Variable Flow Control Power Steering sehingga memutar setir Hilux.

Harga

Berbicara harga, Hilux tersedia enam varian yang dijual mulai Rp 241,7 juta hingga Rp 492,8 juta. Sedangkan Mitsubishi Triton dijual antara Rp 253 juta hingga Rp 488 juta.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com