Kia Seltos VS HR-V 1.5. Siapa Paling Irit?

Kia Seltos VS HR-V 1.5. Siapa Paling Irit?

Kehadiran Kia Seltos awal tahun ini cukup menghebohkan kelas compact crossover. Berkat kehadiran unit asal Korea Selatan ini, kelas tersebut kian ramai saja pemainnya.

Namun tak bisa dipungkiri kelas ini masih dipegang oleh Honda HR-V sebagai jagoannya. Eksistensinya sudah cukup lama, variannya beragam, nama besar Honda yang cukup wangi citranya di tanah air, membuat HR-V laris di pasaran.

Dari sejumlah pertimbangan, menurut kami konsumsi bahan bakar jadi salah satu hal yang menarik untuk dibandingkan dan jadi bahan pertimbangan mana kala Anda bingung memilih untuk beli Seltos atau HR-V.

 

Agar berimbang, kami bandingkan hasil tes konsumsi bahan bakar Seltos dengan HR-V bermesin 1.500 cc. Alasannya simpel, karena Kia hanya menjual Seltos dengan mesin berkubikasi 1.400 di Indonesia.

Lantas bagaimana hasilnya? Seltos yang kami uji belum lama ini mampu menorehkan angka konsumsi BBM terbaik 17-18 km/liter. Angka tersebut merupakan konsumsi BBM pada rute tol. Sedangkan pada rute dalam kota, hasil tesnya adalah 12,1 km/liter.

 

Bagaimana dengan HR-V? Ternyata tipis bedanya dibanding crossover asal negeri ginseng tersebut. Dalam pengujian yang kami lakukan pada tahun 2016, HR-V bermesin 1.500 cc mampu mengukir kehematan 17 km/liter untuk rute tol. Sedangkan rute dalam kota lebih irit dibanding Seltos, yakni 13,9 km/liter!

Hasil tes

Seltos
Dalam kota: 12,1 km/l 
Tol: 17-18 km/l 

HR-V 1.5
Dalam kota 13,9 km/l
Tol: 17 km/l

Walau waktu pengetesannya terpaut jauh, namun metode yang kami gunakan sama saja. Di rute dalam kota kami selalu menjalankan keduanya dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan di tol kami lesatkan secara konstan di kecepatan 90 km/jam.

Honda kerap menyebut salah satu kuncian kehematan BBM HR-V adalah berkat teknologi transmisi otomatik CVT-nya. Namun dalam mempromosikan produknya, Kia tak mau kalah membanggakan teknologi dual clutch yang dianut Seltos. Dalam pengujian yang kami lakoni memang dalam manuver akselarasi Seltos terasa tak ada jeda 'nafas' dalam menyalurkan tenaga. 

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com