Perbedaan Fisik Mitsubishi Xpander Dengan All New Nissan Livina

Perbedaan Fisik Mitsubishi Xpander Dengan All New Nissan Livina

Nissan All New Livina resmi meluncur Selasa kemarin (19/02). Bukan rahasia lagi bila mobil ini merupakan sibling car alias rebadged dari Mitsubishi Xpander. Generasi teranyar Livina ini pun memboyong platform, mesin dan transmisi (manual ataupun matik) milik jagoan Mitsubishi Indonesia tersebut.

Akan tetapi bukan berarti Nissan bulat-bulat hanya mengganti emblem tiga berlian saja, All New Livina berbasis Xpander memiliki sejumlah penyesuaian sehingga mobil ini memiliki ciri sebuah Nissan.

“Nissan menyelipkan beberapa bahasa desain pada All New Livina yang membuatkanya kian nampak agresif namun tetap menawan,”tutur Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, saat ditemui di sela peluncuran di bilangan Jakarta Pusat tersebut.

Seperti yang dipaparkan oleh Sanada San, nampak perbedaan fisik yang signifikan dengan ‘kembaran’nya Xpander.

Fascia

Perubahan signifikan nampak pada facia, di mana bahasa desain Dynamic Shield ala Mitsubishi diganti oleh bahasa desain V-Shape. Dari pengamatan kami, desain grill jadi lebih sederhana, namun justru menghadirkan tampilan lebih manis.

Penampilan Livina semakin manis dengan penempatan foglamp seperti yang dipakai pada versi facelift Nissan X-Trail dan lips spoiler silver. Selain itu terdapat perbedaan desain DRL (Daytime Running Light) pada Livina dan Xpander. Pada lampu utama, letak headlamp Livina nampak sedikit lebih rendah.

 

Interior

Bagian kabin All New Livina akan langsung mengingatkan pada Xpander Sport dengan interior warna abu-abu tua. Sepertinya Nissan tidak memberikan opsi warna lain untuk interiornya.

Varian VL sebagai kasta tertinggi joknya dibalut dengan bahan kulit berwarna senada. Sementara varian di bawahnya mengunakan jok fabric coklat tua.

 

Lampu belakang

Nissan memberikan sentuhan berbeda pada lampu belakang Livina dengan lampu LED dengan motif V untuk semua varian. Pintu belakang Livina punya desain yang sedikit berbeda pada bagian tempat plat nomernya. Perbedaan lainnya nampak di bagian bumper, di mana Livina menghilangkan garnish hitam yang menghiasi penempatan mata kucing di bumper bagian bawah.

 

Pelek Alloy

Sekilas pelek berdiameter 16 inci yang dipakai Livina sama dengan yang dipakai Xpander. Namun jika dilihat lebih rinci pelek alloy two tone ini punya motif desain yang tak serupa.

 

Kap mesin dan pintu

Pada bagian tengah kap mesin Livina nampak aksen menonjol, sementara Xpander tidak menyertakan motif menonjol tersebut. Selain itu nampak perbedaan garis bodi pada bagian pintu depan, di mana Livina memiiki garis lurus, sementara Xpander memiliki garis bodi menukik

 

Kesimpulannya, dalam menyajikan mobil rebagde-nya, Nissan tetap melakukan beberapa langkah untuk membuat MPV-nya ini tampil beda. Setidaknya Nissan harus mempersiapkan empat moulding untuk bodi (bermaterial besi) yakni pada kap mesin, pintu depan kiri-kanan dan pintu belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com