Merasakan Buasnya BYD Seal, "Kayak Dijambak Setan"

Merasakan Buasnya BYD Seal, "Kayak Dijambak Setan"

OTODRIVER - Kali ini OtoDriver diberi kesempatan untuk menguji BYD Seal. Sedan listrik berperforma tinggi yang diprediksi bakal segera dijual untuk pasar Indonesia.

Sebelum mengajak media nasional untuk merasakan sensasi berkendaranya di Sentul, Jawa Barat, (5/2). BYD memang sudah memberikan informasi terkait spesifikasi mobil listrik ini. Di atas kertas, tenaganya begitu membuat kami penasaran karena ternyata selevel sport car. Oleh karena itu, tempat pengujian di sirkuit kami rasa sangat tepat.

Kesempatan mengujinya pun dimulai. Sebagai permulaan, awak media mencoba akselerasi Seal dari 0-100 km/jam di trek lurus. Sesuai klaim yang diinformasikan BYD, ternyata Seal memang buas dan tuntas di 3,8 detik dalam sesi pengetesan tersebut.

Berlanjut mengitari trek sentul, kali ini kami mencoba kelincahan dan tenaganya. Sebagai informasi, BYD Seal memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.460 mm. Tidak cukup compact untuk diajak bermanuver.

Mencoba kelincahan BYD Seal tipe tertinggi

Tapi kami beruntung mendapatkan tipe tertinggi yaitu AWD Performance yang dipersenjatai baterai berkapasitas 82,56 kWh dengan jarak tempuh sampai 580 km. Tenaga maksimalnya bahkan tembus 390 kW, setara 522 hp. Kemudian torsinya juga sangat buas, di angka 670 Nm. Jelas begitu menyenangkan menggebernya di lintasan dengan performa baterai sebesar itu.

Instruktur yang mendampingi kami, Valentino Ratulangi juga mengatakan, "enak ya mobilnya, kita juga nggak nyangka sekenceng ini," ucapnya. 

Karena pengetesan hanya dilakukan satu putaran penuh trek, maka kami rasa tidak bisa mengekplorasi fitur pengendalian lainnya. Kami juga masih mengujinya dalam mode normal, belum mencoba ke sport. Kemudian kecepatan dilimit 80-100 km/jam. 

Namun dalam waktu yang singkat tersebut saja, kami sudah bisa merasakan bahwa Seal bukanlah mobil listrik sembarangan. Tenaga dan torsinya yang besar membuat pengemudi kaget. "Rasanya kayak dijambak setan," cetus Dhika CH Head of Operational Sirkuit Sentul, yang bertanggung jawab dalam acara ini. Ia juga tidak menyangka mobil listrik ternyata punya performa bak super car. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com