Tes Lengkap: Subaru XV 2022

Tes Lengkap: Subaru XV 2022

Resmi kembali hadir di Indonesia pada tahun 2022 Subaru langsung menggebrak dengan menghadirkan Subaru XV 2022, dimana sebelumnya mobil ini sudah dipasarkan dengan nilai jual yang kompetitif.

Tim OtoDriver berkesempatan untuk menjajal mobil ini dengan waktu yang lama untuk merasakan sensasi berkendara, serta kelengkapan fitur yang ada di mobil  yang menjadi pesaing Honda HR-V RS. Berikut hasil 

Desain interior dan eksterior

 

Bicara desain yang dihadirkan du Subaru XV 2022 terlihat lebih maskulin karena dilengkapi dengan beberapa aksen hitam, seperti dibagian bumper dan gril depan. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi membuatnya terlihat lebih gagah.

 

Selain itu, Subaru XV 2022 juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang adaptif, dimana cahaya lampu dapat mengikuti arah setir ketika berkendara. Sementara itu pada bagian belakang juga terlihat lebih maskulin, dengan tambahan aksen hitam dan kamera mundur.

Produk yang masih dihadirkan langsung dari Jepang ini dari sisi interior tergolong memiliki kesan yang biasa, namun pada bagian door trim sudah berbahan soft touch untuk pengemudi, serta hadir dengan sunroof yang menambah kesan mewah pada mobil ini.

Kelengkapan fitur 

Dari segi fitur yang ada, Subaru XV 2022 dilengkapi dengan fitur kenyamanan berkendara seperti advanced adaptive cruise control with lane centering, reverse automatic braking, blind-spot detection with lane change assist, rear cross-traffic alert, dan steering responsive headlights.

Tak hanya itu saja, Subaru XV 2022 juga dilengkapi dengan tujuh airbag yang ada di depan pengemudi dan penumpang depan, tirai samping dan panggul atau torso samping, serta airbag lutut pengemudi.

Serta terdapat center console layar 8 inci yang bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay. Android Auto dan Bluetooth. Menarik bukan?

Rasa berkendara

Dari rasa berkendara mobil ini sangat ergonomis dimana pengaturan setir sangat baik, serta dari segi kursi yang bisa diatur dengan mudah. Selain itu visibilitas Subaru XV tidak ada yang mengalahkan, saat berkendara sudut pandang terasa luas dan tidak banyak blind spot.

Perihal kekedapan suara mobil ini tergolong nyaman dengan suara redam dari luar tak sampai ke dalam, bahkan sampai mesin mobil berputar di RPM yang cukup tinggi, walaupun masih terdengar suara sedikit.

Tentunya banyak yang bertanya bagaimana suspensi dari Subaru XV ini. Nah Subaru merupakan salah satu model mobil yang memiliki sejarah kuat di ajang rally untuk itu, bantingan suspensi pun terasa nyaman. Dimana saat kami mencoba terasa empuk, namun tidak limbung.

Sementara itu, radius putar setirnya juga cukup baik, sama seperti Forester. Dengan dimensi yang kompak, tentu mobil ini lebih mumpuni untuk diajak bermanuver di perkotaan yang padat atau melewati jalan yang sempit.

Konsumsi bahan bakar

Subaru XV menggunakan mesin Subaru Boxer 4 silinder 2,0 liter yang mengeluarkan tenaga 156ps dan torsi maksimal 196Nm mulai di 4,000rpm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi Lineartronic CVT dengan 7-percepatan yang tersambung dengan sistem S-AWD dan X-MODE terbaru.

Berdasarkan hasil pengetesan kami, untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, XV berhasil meraih angka 12,8 km/l. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, SUV kompak asal Jepang ini mencatatkan angka konsumsi BBM 18,1 km/l.

Artinya sebagai kesimpulan, dengan kubikasi mesin yang tergolong besar serta penggerak empat roda, nyatanya ia sanggup menghasilkan konsumsi BBM yang baik bahkan tidak kalah dengan lawan-lawa di kelasnya seperti Mazda CX-30, Honda HR-V RS.

Kekurangan

Dari semua kelebihan yang ada, Subaru XV 2022 memiliki beberapa kekurangan dari pandangan kami. Seperti fitur auto door look yang tak disematkan. Memang nampaknya regulasi ini tak berubah karena masih datang langsung dari Jepang. Semestinya untuk pasar Indonesia bisa dilengkapi dengan fitur tersebut.

Selain itu baru kembali lagi ke Indonesia, memang jaringan affter salesnya juga masih sangat terbata untuk pasar Tanah Air.

Subaru XV sendiri resmi hadir di Indonesia pada ajang GIIAS 2022 lalu. Pesaing dari Honda HR-V RS ini hadir dalam dua Varian dan dijual mulai dari harga Rp 449,5 juta untuk tipe 2.0i-S hingga Rp 499,5 juta untuk tipe i-S EyeSight.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com