FIRST DRIVE: Toyota Vios 2022

FIRST DRIVE: Toyota Vios 2022

Toyota Vios generasi terbaru telah resmi meluncur pada tahun 2022 lalu di Indonesia. Dengan desain yang berubah begitu signifikan, diharapkan kehadiran All-new Vios ini bisa menggairahkan pasar sedan yang mulai kalah pamor dibandingkan model MPV maupun SUV.

Kami pun sudah berkesempatan mencoba First Drive dari Vios generasi terbaru ini. Lantas, bagaimana impresinya?

Tentu Anda semua sudah mengetahui bagaimana wujud dari All New Vios ini. Hadir dengan gaya yang revolusioner, perlu diakui mobil ini hadir dengan gaya yang jauh lebih stylish dibandingkan generasi terdahulunya. Layaknya menjelma sebagai adik dari Corolla Altis, sedan ini memiliki gaya fastback style di bagian belakang sehingga langsung kentara aura sporty-nya.

Tak perlu berlama-lama, kami pun langsung menyandarkan badan di jok pengemudi. Hal yang langsung terasa adalah posisi berkendara yang begitu baik dan ergonomis. Hal ini tentu berkat adanya pengaturan setir secara tilt dan teleskopik dan juga pengaturan bangku pengemudi yang fleksibel.

Hal yang menyenangkan lainnya adalah instrument cluster digital yang menyajikan beberapa informasi penting soal kendaraan dan cukup atraktif. Meski demikian, instrument cluster ini tampak familiar. Ya, tentu saja, karena instrument cluster digital ini serupa dengan mirip Toyota Raize dan Veloz.

Lantas, kami pun langsung menjalankan Vios generasi terbaru ini. Satu hal yang langsung terasa adalah karakter suspensinya yang begitu lembut dan empuk untuk peredamannya. Untuk bermanuver pun, rasanya handling Vios cukup baik walau kami menilai ia tak setajam pesaing utamanya, yakni Honda City.

Tenaga mesinnya pun terasa cukup positif. Dengan semburan tenaga mesin sebesar 106 dk dan torsi 138 Nm, kami merasa performa jantung pacu ini cukup buas apalagi dipadukan dengan transmisi otomatik CVT yang cukup responsif ketika diajak berakselerasi.

Walau demikian, kami merasa transmisi otomatik CVT-nya ini terkadang gugup saat di kecepatan tanggung. Tetapi, hal ini tidak berlangsung setiap saat dan tidak sampai ke tahap mengganggu. Namun, hal yang menurut kami agak mengganggu, yakni penggunaan headunit floating berukuran besar sehingga terkadang terasa agak mengganggu visibilitas.

Beruntungnya, Vios dibekali dengan fitur radar Toyota Safety Sense (TSS) untuk tipe tertingginya. Fitur radar ini terdiri dari Emergency Braking Assist, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor, hingga Adaptive Cruise Control.

Kesimpulan

Toyota Vios generasi terbaru ini seakan naik kasta jika dibandingkan generasi sebelumnya, Dengan desain yang berubah begitu revolusioner, kami menilai nantinya Vios generasi ke-4 ini bakal menjadi model yang ikonik ke depannya. Belum lagi, Vios dibekali dengan beberapa fitur radar canggih yang membuatnya ia menjadi small-sedan dengan fitur paling komplit.

 

Kelebihan

  1. Fitur radar cukup lengkap di kelasnya
  2. Bantingan suspensi empuk
  3. Posisi duduk ergonomis

Kekurangan

  1. Posisi headunit mengganggu visibilitas
  2. Transmisi CVT terkadang terasa jerky di kecepatan rendah

Spesifikasi

Toyota Vios G with TSS

Harga: Rp 368,7 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 106 dk

Torsi maksimum: 138 Nm

Penggerak: roda depan

Foto tambahan

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com