FIRST DRIVE: Subaru Forester 2022

FIRST DRIVE: Subaru Forester 2022

Subaru Indonesia comeback ke pasar Indonesia. Kami pun berkesempatan untuk melakukan first drive model pertama yang dipasarkan kembali, yakni Forester.

Yang pertama kami lihat adalah bagian eksteriornya. Kesan yang dihasilkan mobil ini tentu sebuah SUV yang cukup maskulin meski secara tampilan bisa dikatakan kurang up to date jika dibandingkan para rivalnya, seperti Honda CR-V ataupun Hyundai Santa Fe.

Langsung saja kita masuk ke bagian interiornya. Hal yang pertama langsung terasa adalah visibilitanya yang sangat baik. Posisi dasbor rendah, ukuran pilar A cukup kecil sehingga minim blindspot. Fitur-fiturnya juga cukup mumpuni, seperti jok electric, electric parking brake dengan auto hold, sunroof yang berukuran cukup besar, dll. Bulit material bagian interior juga kami nilai baik.

Langsung saja kita jalankan mobil ini. Hal yang langsung terasa adalah bantingan suspensi yang baik untuk seukuran medium SUV. Peredamannya baik dan handlingnya juga patut diacungi jempol ketika berada di kecepatan tinggi. Mungkin hal ini lantaran mesin berkonfigurasi boxer yang diklaim memiliki center of gravity yang baik.

Adit

Kendati demikian, hal yang tidak terlalu istimewa adalah tenaga mesinnya. Subaru Forester yang hadir di Indonesia ditenagai oleh mesin 2.000 cc 4 silinder boxer dengan tenaga 152 dk dan torsi 196 Nm. Mesin ini lantas berpadu dengan transmisi otomatik CVT dan mengalirkan semua tenaganya ke 4 roda khas Subaru. Dan memang saat menekan pedal gas penuh mobil ini, tidak ada yang terasa istimewa dari tenaga mesinnya.

Tetapi, fitur yang terasa canggih di Forester adalah Subaru Eyesight. Apalagi soal fitur Adaptive Cruise Control dipadukan dengan Lane Departure Warning, dan Lane Keeping Assist yang kinerjanya halus dan baik. Fitur ini kami nilai mumpuni untuk digunakan di situasi kota-kota besar di Indonesia.

Kesimpulan

Well, perlu diakui Subaru Forester tidak begitu catchy dari segi tampilan apalagi jika disandingkan dengan para kompetitornya. Tenaga mesin pun terasa tidak begitu istimewa tetapi masih mumpuni. Akan tetapi, rasa suspensi serta fitur radar Eye Sight sukses membuat kami takjub dan kami menilai karakter suspensinya terbaik di kelasnya.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Fitur lengkap
  3. Pandangan luas

Kekurangan

  1. Tenaga mesin tidak istimewa
  2. Desain eksterior kurang up to date

Spesifikasi

Subaru Forester S Eye Sight

Harga: Rp 659,5 juta

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder Boxer

Tenaga maksimum: 152 dk

Torsi maksimum: 192 Nm

Penggerak: Empat roda

Foto Tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

Otodriver

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com