FIRST DRIVE: Hyundai Stargazer

FIRST DRIVE: Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer baru saja diperkenalkan di Indonesia. Meski masih dalam tahap perkenalan, namun konsumen sudah bisa memesan unit dari sekarang.

Nah, sebelum Anda semua bisa merasakan Stargazer, kami sudah merasakan terlebih dahulu impresi berkendara dari LMPV terbaru brand dari Korea Selatan ini. Lantas, bagaimana rasanya?

Tanpa perlu berlama-lama, kami pun langsung menyandarkan badan di jok pengemudi Stargazer. Yang cukup menyenangkan adalah posisi duduk yang cukup ergonomis berkat pengaturan jok yang fleksibel, dan juga pengaturan setir secara teleskopik dan tilt. Namun memang posisi setir sedikit kurang lazim karena column setir berada di bagian bawah. Tetapi tetap hal ini tidak terlalu berpengaruh kepada tingkat fun to drive.

Langsung saja kita jalankan Stargazer di area yang cukup terbatas. Hal yang langsung terasa adalah bantingan suspensinya yang terasa mantap. Jika diibaratkan, bantingan suspensinya tidak seempuk Mitsubishi Xpander tetapi lebih dewasa dari Avanza-Xenia. Tetapi yang patut diacungi jempol adalah handlingnya yang luar biasa untuk seukuran LMPV. Terasa bodyroll cukup minim dan sigap ketika menikung.

Sementara untuk kekedapan kabin terbilang moderat. Road Noise pun terasa cukup baik meski bukan yang terbaik di kelasnya.

Stargazer dilengkapi dengan mesin 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 115 dk dan torsi 143,8 Nm. Meski figur tenaga mesin tidak terlalu menjanjikan, namun berkat penggunaan transmisi IVT yang sama dengan milik Creta, terasa tenaga akselerasiya sangat positif. Meski kami tidak mengetes menggunakan alat berbasis GPS, namun terasa figur tenaganya paling positif ketimbang para rivalnya.

Kesimpulan

Hyundai Stargazer bisa dikatakan menjadi LMPV yang menjawab segala kekurangan-kekurangan pada rivalnya. Nilai plus dari mobil ini adalah bantingan suspensi, fitur, dan juga akselerasi. Kami cukup yakin bahwa Stargazer bakal benar-benar bisa menaklukan rival beratnya, seperti Avanza-Xenia, Xpander, dan Ertiga.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Pengendalian terbaik di kelasnya
  3. Akselerasi mantap

Kekurangan

  1. Posisi duduk bukan yang terbaik di kelasnya

Spesifikasi

Hyundai Stargazer Prime

Harga: Rp 307,1 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 115 dk

Torsi maksimum: 143,8 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

OtoDriver

OtoDriver

OtoDriver

OtoDriver

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com