FIRST DRIVE: Daihatsu Xenia 1.5 ASA 2021

FIRST DRIVE: Daihatsu Xenia 1.5 ASA 2021

Daihatsu Xenia resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2021. Kami pun langsung merasakan bagaimana impresi pertama berkendara dengan LMPV fenomenal ini.

Langsung saja kita sandarkan badan di jok pengemudi dari Daihatsu Xenia. Dan rasanya cukup mengejutkan dan sangat berbeda dibandingkan generasi terdahulu. Posisi duduknya bisa cukup rebah dengan pengaturan ketinggian yang bisa diatur secara fleksibel. Jadi, meski ia tidak dilengkapi dengan pengaturan setir secara teleskopik, tetapi bagaimanapun postur tubuh Anda akan tetap menyenangkan mengendarai Daihatsu Xenia generasi terbaru ini.

Kami pun langsung menjalankan Daihatsu Xenia ini. Hal yang langsung terasa adalah transmisi CVT yang cukup halus tetapi cukup responsif ketika menekan pedal gas penuh. Meski ia tidak dilengkapi dengan mode Sport, namun terasa tenaga mesin 1.500 cc-nya cukup instan.

Lantas bagaimana dengan karakter suspensinya? Well, bisa dikatakan bantingan suspensinya bukan yang terempuk di kelasnya. Akan tetapi, dengan basis baru-nya, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), kami merasa handling Xenia merupakan yang terbaik di kelasnya. Ketika melakukan manuver dengan LMPV ini, rasanya seperti mengendarai sebuah sedan.

Akan tetapi bukan berarti bantingan suspensinya keras. Saat di kecepatan rendah, suspensi terasa cukup empuk dengan rebound  yang terbilang dewasa. Jadi sebagai kesimpulan, suspensi Xenia tergolong cukup baik dengan handling yang sama sekali tidak limbung.

Lantas bagaimana dengan mesinnya? Kami pun berkesempatan untuk mengetes akselerasi dari Xenia generasi terbaru ini. Dan hasilnya, kecepatan 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 11,9 detik saja. Artinya, perpaduan mesin 1.500 cc, transmisi otomatik CVT dengan penggerak roda depan mampu membuat performa yang sangat efisien.

Adit

Akan tetapi, tentu mobil ini tidak luput dari berbagai kekurangan. Seperti pengaturan setir yang tidak bisa diatur secara teleskopik dan headunit yang tidak begitu responsif.

Selain itu, Daihatsu Xenia tipe tertinggi juga kini dilengkapi dengan fitur radar canggih Advanced Safety Assist alias ASA. Mungkin fitur ini menjadi yang pertama di kelas LMPV.

Kesimpulan

Well done Daihatsu atas terciptanya Daihatsu Xenia generasi terbaru. Dengan perubahan yang cukup signifikan, Xenia kini terasa semakin up to date dengan perkembangan zaman. Penggerak berubah  menjadi roda depan yang semakin efisien dan handling yang handal. Tak perlu khawatir dengan perubahan penggerak, karena dapat dipastikan mesin serta penggerak barunya dapat melalui jalanan seluruh Indonesia dengan piawai dan tidak kalah tangguhnya dengan Xenia generasi terdahulunya.

Kelebihan

  1. Handling terbaik di kelasnya
  2. Figur akselerasi sangat baik
  3. Fitur radar canggih pertama di kelasnya

Kekurangan

  1. Pengaturan setir teleskopik absen
  2. Headunit kurang responsive

Spesifikasi

Daihatsu Xenia 1.5 ASA

Harga: Rp 242,4 juta, Special Color: Rp 243,9 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 107 PS

Torsi maksimum: 136 Nm

Penggerak: roda depan

Foto tambahan

Adit

Adit

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com