FIRST DRIVE: Suzuki Ignis AGS Facelift 2020

FIRST DRIVE: Suzuki Ignis AGS Facelift 2020

Suzuki baru-baru ini meluncurkan Ignis facelift. Kami pun berkesempatan untuk melakukan pengetesan dari Urban SUV berlogo ‘S’ ini.

Meski merupakan versi penyegaran, tetapi tidak ada perbedaan spesifikasi di sektor penggerak. Ubahan yang diusung hanya sebatas kosmetik di bagian eksterior maupun interior. Di bagian luarnya, perubahan terjadi pada bagian grill serta desain bemper yang membuatnya makin modern.

Well, ketika kami mengintip seisi ruang kabinnya, Anda akan disegarkan oleh pola jok yang baru yang semakin terlihat modern. Selebihnya, tidak ada yang berubah dibandingkan versi terdahulunya.

Ketika menyandarkan badan di jok pengemudi, posisi mengemudi terasa cukup baik. Meski pengaturan setir hanya bisa diatur secara tilt, tetapi posisi berkendara Ignis menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Unit yang kami tes adalah Ignis bertransmisi Automatic Gear Shift (AGS). Hal pertama yang langsung terasa adalah perpindahan gigi pada mobil ini yang terasa kurang halus serta responsif. Ini yang jadi ciri transmisi AGS bila dibandingkan dengan transmisi otomatik konvensional.

Untuk bantingan suspensinya, Ignis bisa dikatakan tergolong sedikit keras. Namun jangan khawatir, karena kenyamanannya masih cukup terjaga saat mobil dijalankan.

Menurut kami menjadi salah satu nilai lebih dari sebuah Ignis adalah performa mesinnya yang kami rasa sangat baik. Mobil ini ditenagai dengan mesin berkapasitas 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 83 PS serta torsi 113 Nm. Meski bukan yang terbesar di kelasnya, namun kami merasa performa mesin mobil ini dirasa cukup instan, bahkan ketika diajak berakselerasi.

 

Kesimpulan

Suzuki Ignis facelift memang tidak membawa perubahan apapun dari impresi berkendara. Namun setidaknya pembaruan pada mobil ini cukup menyegarkan mata pengendaranya. Rasa berkendaranya masih cukup menyenangkan, hanya saja lebih baik jika Suzuki Ignis dilengkapi dengan transmisi yang lebih baik, seperti otomatik konvensional atau CVT.

 

Kelebihan

  1. Tenaga mesin terasa cukup berlimpah
  2. Posisi duduk ergonomis
  3. Desain semakin modern

Kekurangan

  1. Masih menganut transmisi AGS
  2. Bantingan suspensi keras

 

Spesifikasi

Suzuki Ignis GX AGS

Harga: Rp 200 juta

Kapasitas mesin: 1.200 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 83 PS

Torsi maksimum: 113 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com