Tak Lagi Jual Mobil Listrik Mungil, Kini Smart Tawarkan SUV Dengan Jarak Tempuh Hingga 700 KM

Smart #5 merupakan sebuah SUV yang punya daya jangkauan hingga 700 KM.
Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 16 Juni 2024 14:41 WIB
Berita - Tak Lagi Jual Mobil Listrik Mungil, Kini Smart Tawarkan SUV Dengan Jarak Tempuh Hingga 700 KM

Mobil Smart #5 Konsep

Bagikan ke:

OTODRIVER – Sebagian dari Anda mungkin masih ingat dengan mobil listrik Smart ForTwo yang masuk di Indonesia medio 2013 lalu. Kali ini, Smart kembali hadir menawarkan mobil listriknya di pasar China, namun tidak lagi berbentuk mungil seperti yang kita ingat dulu.

Sejak Mercedes-Benz bekerja sama dengan Geely untuk mengembangkan brand Smart, ada banyak model yang sudah mereka tawarkan. Yang terbaru, mereka menghadirkan sebuah SUV yang diberi nama Smart #5.

Seperti dilansir laporan ArenaEV pada Minggu, mobil yang pertama kali ditampilkan di Beijing Auto Show dalam bentuk konsep ini, sekarang sudah memasuki tahap siap produksi.

Foto - Tak Lagi Jual Mobil Listrik Mungil, Kini Smart Tawarkan SUV Dengan Jarak Tempuh Hingga 700 KM
Wujud produksi massal dipastikan tidak berbeda jauh dengan model konsep

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China telah membocorkan detail spesifikasi dari mobil SUV ini, menawarkan empat varian warna dan empat pilihan power train.

Mobil Smart #5 hadir dengan dimensi panjang 4,7 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi 1,7 meter sehingga menghadirkan ruang yang cukup luas bagi penumpang maupun barang bawaan. Jarak sumbu roda (wheelbase) mobil listrik ini mencapai 2,9 meter dan beban kosong seberat 2.450 kilogram.

SUV ini dirancang untuk menampung lima penumpang dan memiliki opsi pelek mulai dari 18 hingga 21 inci.

Smart #5 menawarkan berbagai pilihan power train yang beragam, sesuai dengan preferensi dan kebutuhan yang berbeda. Model penggerak roda belakang (RWD) dilengkapi dengan satu motor yang menghasilkan tenaga sebesar 335 hp dan 358 hp.

Sedangkan bagi pengguna yang mencari performa lebih tinggi, varian penggerak semua roda (AWD) memiliki dua motor yang menghasilkan output tenaga gabungan sebesar 579 hp dan 638 hp.

Versi RWD dari Smart #5 menggunakan baterai lithium iron phosphate (LFP), sedangkan trim AWD menggunakan baterai nickel manganese cobalt (NMC).

Meskipun Smart belum mengumumkan secara resmi kapasitas baterai SUV Smart #5, laporan sebelumnya menunjukkan mobil ini dapat melaju hingga jarak 700 km berdasarkan standar CLTC.

Kemampuan pengisian daya juga menjadi sorotan untuk Smart #5. Mobil ini memiliki arsitektur 800 V dan pengisian daya berperingkat 4C, yang secara teoritis memungkinkan pengisian penuh hanya dalam waktu 15 menit.

Smart belum mengungkapkan harga dari Smart #5. Kemungkinan harga mobil tersebut dibocorkan menjelang debut resminya, bersamaan dengan ketersediaannya di pasar internasional. Pasar China diperkirakan akan menjadi yang pertama kedatangan Smart #5, kemudian disusul Eropa tak lama setelahnya. (AB)

#smart #smart-5 #mobil-listrik-smart #harga-mobil-listrik-smart #spesifikasi-smart-5 #fitur-baru-smart

Bagikan ke:
Jangan lewatkan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.