SUV iCar V23, Retroclassic Yang Akan Hadir Tahun ini

SUV iCar V23, Retroclassic Yang Akan Hadir Tahun ini

OTODRIVER - SUV merupakan model yang paling ‘menyala’ saat ini. Hampir seluruh pabrikan otomotif dunia coba hadirkan SUV menurut versinya masing-masing.

Pabrikan-pabrikan asal Tiongkok saat ini dikenal cukup agresif memperkenalkan beragam SUV. Mereka cukup kreatif dengan kreasi beragam SUV mulai dari SUV bermesin konvensional hingga digerakkan oleh tenaga listrik.

SUV iCar V23

Salah satu contoh adalah iCar V23 yang dikembangkan oleh Chery dan Zhimi Technology milik Xiaomi. Model ini merupakan hasil kolaborasi kedua setelah iCar 03.

Melihat dari tampilannya, iCar V23 mengingatkan kita pada sosok SUV legendaris China yakni Beijing BJ212. SUV yang dibikin oleh Beijing Automobile Works (BAW) ini sudah dikenal sejak 1965 dan masih dibuat hingga saat ini. Kebanyakan disediakan untuk keperluan militer.

BAW BJ212 yang dijadikan inspirasi iCar V23

Jejak BJ212 inilah yang kemudian nampak pada rona desain pada V23 ini, terutama yang nampak pada bagian moncongnya. Sedangkan pada bagian badan desainnya mengingatkan kita pada Land Rover Defender yang dikolaborasikan dengan Mercedes-Benz G-Class.

Seperti dilansir carscoops, SUV iCar V23 ini memiliki dimensi panjang 4.220 mm, lebar 1.915 mm, dan tinggi 1.845 mm, dengan jarak sumbu roda 2.730 mm.

Pada bagian buritan nampak kotak penyimpanan eksternal seperti yang dimiliki oleh EQG alias G-Class EV. Walau tidak menghadirkan perwujudan interiornya, namun digambarkan bahwa ia memiliki infotainment berukuran besar di dashboard, lingkar kemudi ala Defender, ventilasi A/C berbentuk persegi panjang, serta kombinasi jok kulit hitam putih. Rangkaian sensor yang terintegrasi dengan baik di sekitar bodywork akan mendukung kemampuan ADAS Level 2+.

Perusahaan tidak mengumumkan spesifikasi teknis detailnya, selain mengonfirmasi akan tersedia dalam versi RWD dan AWD.

Menurut media Tiongkok, iCar V23 akan tersedia dengan motor listrik tunggal dan ganda, yang sumber energinya berasal dari paket baterai CATL. Jarak tempuhnya dilaporkan akan lebih dari 400 km (249 mil) untuk versi AWD dan lebih dari 500 km (311 mil) untuk RWD.

Sejauh ini kami belum mendapatkan gambar riil mengenai mobil ini, melainkan hanya gambar rendering semata. Namun kabarnya iCar V23 ini akan diperkenalkan untuk umum pada ajang Beijing Auto Show 2024 pada April ini. Lebih jauh lagi peluncurannya di Tiongkok dikabarkan akan terjadi pada paruh kedua tahun ini.

Di pasar dalam negeri China, ia akan berhadapan langsung dengan Baojun Yep Plus yang dikreasi oleh SAIC, Wuling dan GM.

Media Tiongkok melaporkan bahwa Zhimi Technology dan Chery dari Xiaomi akan melanjutkan kolaborasi mereka, dengan enam hingga delapan kendaraan baru dijadwalkan untuk debut di Tiongkok selama tiga tahun ke depan. (SS)

SUV iCar V23
SUV iCar V23
SUV iCar V23
SUV iCar V23

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com