Proyek Mobil Buatan Apple Dibubarkan

Proyek Mobil Buatan Apple Dibubarkan

OTODRIVER – Meski sudah berjalan sejak seberapa tahun lalu dan telah meluncurkan sejumlah prototype, akhirnya proyek mobil dari Apple Inc. harus dikubur. Perusahaan asal California, AS itu secara tegas menyatakan menghentikan proyek yang sudah habiskan anggaran miliaran dolar AS itu.

Meski tidak pernah diungkapkan secara resmi proyek mobil listrik ini dimulai pada tahun 2014.

Sejatinya ini merupakan proyek ambisius, bahkan melebihi Tesla dan semua proyek mobil listrik yang ada saat ini. Karena pertama kalinya ada mobil yang semua fiturnya terhubungan dengan gawai personal digadang-gadang sebagai produk kendaraan paling sesuai dengan kehidupan manusia.

Perusahaan rintisan Steve Jobs itu ingin menggabungkan tiga unsur utama; voice-activated navigation, autonomous capabilities dan luxurious design features. Tiga unsur itu diyakini akan bisa membuat calon mobil baru itu akan kompetitif jika berhadapan dengan Tesla Model S dan BMW i7.

Padahal di awal tahun ini juga proyek ini masih mendapat sinyal positif untuk terus berlanjut.

Belum ada kepastian nasib 2.000 orang yang berada di bawah proyek arahan Jeff Wiliams (COO Apple Inc.) dan Kevin Lynch (VP Apple) ini, apakah mereka akan dipertahankan atau diputus kontrak kerjanya. 

Sebagaimana dikabarkan oleh Bloomberg, proyek yang tadinya akan menghadirkan mobil dengan ‘merek’ iCar itu sebenarnya dalam beberapa waktu belakangan juga tidak sepenuhnya didukung oleh induk perusahaan.

Sejumlah keraguan perihal daya beli calon konsumen, kondisi ekonomi makro, sampai potensi keuntungan dari proyek tersebut dikabarkan ikut menggelayuti keputusan pemberhentian proyek iCar. Termasuk data begitu seringnya terjadi kecelakaan atas kendaraan tanpa sopir di banyak belahan dunia. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com