Michelin Pamerkan Ban Yang Bisa Menjelajah di Bulan, Simak Bocorannya

Michelin memamerkan ban yang bisa menjelajah di bulan.
Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 23 Juni 2024 10:10 WIB
Berita - Michelin Pamerkan Ban Yang Bisa Menjelajah di Bulan, Simak Bocorannya

Ban baru Michelin

Bagikan ke:

OTODRIVER – Di saat beberapa produsen ban mulai mengembangkan produk untuk mobil listrik, Michelin malah meluncurkan prototipe ban tanpa udara yang dirancang untuk menjelajahi bulan.

Ban ini tampil perdana dalam perhelatan Le Mans 24 Hours, di Prancis pertengahan Juni lalu sebagai bagian dari program Artemis NASA.

Michelin mengembangkan ban tanpa udara tersebut untuk kendaraan rover pada proyek yang akan beroperasi di bulan selama satu dekade, dengan membawa dua astronot, menjelajahi area terpencil, dan mengambil sampel.

Di tengah-tengah misi berawak, kendaraan ini akan melakukan perjalanan ke berbagai titik pendaratan secara otomatis dan berfungsi secara mandiri.

“Kami telah melakukan berbagai penelitian untuk kendaraan bulan dan di tahun 2021, kami memulai kolaborasi baru dengan tim desain dan mitra Intuitive Machines, yakni Northrop Grumman, Boeing, dan AVL, untuk mengembangkan ban bagi kendaraan bulan proyek Artemis,” ujar Michelin Director of Advanced Research, Christophe Moriceau, melalui rilis pers, Sabtu.

Ban ini dirancang cermat untuk dapat menghadapi kondisi ekstrem saat berada di bulan, seperti adhesi, tidak ada atmosfer, ketahanan abrasi, hingga rendah resistensi.

Foto - Michelin Pamerkan Ban Yang Bisa Menjelajah di Bulan, Simak Bocorannya
Ban yang sanggup melaju di bulan

Pengembangan dilakukan di Massif Central, Perancis untuk mensimulasikan kondisi bulan yang sesungguhnya.

Meskipun sampel batu bulan telah dibawa kembali dari misi sebelumnya, publikasi ilmiah adalah sumber referensi utama untuk para peneliti di Michelin.

Melalui hal tersebut, Michelin menyadari bahwa kawasan vulkanik di wilayah Auvergne, Perancis – tidak jauh dari Kantor Pusat Michelin di Clermont-Ferrand di Massif Central – memiliki kemiripan dengan tanah di bulan dan menjadikannya lokasi yang tepat untuk pengujian.

Moriceau menyebut, proyek ini dilakukan setelah 135 misi yang dilaksanakan selama tahun 1995 hingga 2007, dan berkat desain dan produksi ban untuk proyek pesawat ulang-alik NASA yang dibuat oleh Michelin.

“Hal ini membuktikan kepiawaian Michelin di bidang material komposit, sebagai salah satu pilar pertumbuhan perusahaan dan senantiasa menghadirkan teknologi baru berkat komitmen untuk terus berinovasi,” katanya. (AB)

#michelin #ban-michelin #ban-michelin-baru #harga-ban-michelin #fitur-ban-michelin #michelin-bulan

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.