Mengenal Lebih Jauh Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid

Mengenal Lebih Jauh Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid

OTODRIVER - Mitsubishi resmi meluncurkan Xpander dan Xpander Cross Hybrid di Thailand, Senin (01/02) silam. Disebutkan juga bahwa mobil ini menggusung mesin baru dan teknologi hybrid pararel yang mereka sebut sebagai e:Motion.

Dalam presentasinya, brand Jepang ini menggungkapkan bahwa mereka menggunakan mesin 1.6 liter yang tak lain adalah mesin berkode 4A92.

Lalu seperti apakah figur mesin ini?

Melihat dari nama kodenya, ia masih satu keluarga dengan 4A91 yang digunakan pada Xpander dan XForce yang pertama kali hadir pada 2004 tepatnya pada model Mitsubishi Colt dengan kode bodi Z30.

Dari litelatur yang ada, 4A92 dikembangkan setelah kelahiran tipe 4A91 dan pertama kali digunakan pada 2010 tepatnya pada Mitsubishi ASX 1.6 liter. Crossover ini kita kenal juga sebagai Outlander Sport, hanya saja di pasar Indonesia tidak ada varian 1.6 liter pada sosok Outlander Sport.

Skema hybrid Xpander/Xpander Cross HEV

Mengacu pada data Mitsubishi Thailand, mesin 4 silinder ini memiliki tenaga 95 PS dan torsi 134 Nm. Angka yang relatif kecil bagi mesin dengan volume tersebut. Namun perlu diingat bahwa pada kasus mobil hybrid, ia mengganut siklus Atkinson yang lebih fokus pada efisiensi.

Sebenarnya saat tidak ditempatkan pada ‘mahzab’ Atkinson Cycles, tenaganya pun lumayan bagus di angka 115 hp dan torsi 154 Nm. Pada varian mesin dengan Atkinson Cycle ini pun menggunakan kompresi yang lebih tinggi yakni 14:1.

Sekarang ke bagian hybridnya, di mana duo Xpander ini menggunakan motor listrik berkekuatan 85 kW (116 hp) dengan torsi 225 Nm. Sedangkan untuk baterainya mengandalkan tipe lithium ion dengan kapasitas 1,1 kWh. Baterai ini lebih besar dibandingkan Yaris Cross yang hanya dibekali baterai berkapasitas 0.7 kWh.

Kali ini kami coba bandingkan dengan Yaris Cross Hybrid, karena kemungkinan besar Toyota Avanza dan Veloz Hybrid akan menggunakan skema hybrid yang sama dengan crossover pengguna platform DNGA-B ini.

Xpander HEV

Mengintip ke dalam kabin, akan nampak perubahan besar di shifternya. Model hybrid sudah menggunakan jenis electronic shifter. Selain itu keduanya sudah mengaplikasi rem cakram pada roda belakang. (SS)

Spesifikasi Teknis Xpander dan Xpander Cross Hybrid 

Mesin

Tipe mesin

4A92 MIVEC DOHC 16 Valve

Isi silinder

1.590 mm

Jumlah silinder

4

Daya maksimum

95 PS @5.100 rpm

Torsi maksimum

134 Nm @4.500 rpm

Motor listrik

85 kW (116 PS)

Torsi motor listrik

225 Nm

Tipe baterai

Lithium-Ion

Sistem penggerak roda

Penggerak Roda Depan

Sasis

Suspensi depan

MacPherson Strut Coil Spring with Stabilizer

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Disc

Dimensi

Panjang

4.595 mm

Lebar

1.750 mm

Tinggi

1.750 mm

Jarak sumbu roda

2.775 mm

Jarak ke tanah

205 mm

Kapasitas tangki BBM

40 liter

Ukuran roda

205/55/R17

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com