Mengapa Toyota All New Hilux Rangga Hanya Ada Versi ‘Short’?

Tiap negara bisa punya spesifikasi berbeda meskipun platform-nya sama
Penulis: Erie W. Adji
Selasa, 15 Oktober 2024 16:15 WIB
Berita - Mengapa Toyota All New Hilux Rangga Hanya Ada Versi ‘Short’?

Hanya ada sasis pendek

Bagikan ke:

OTODRIVER - Sejak muncul perdana di ajang GIIAS 2023 sebagai produk konsep, pekan ini (15/10) PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya melepas resmi ke pasar satu pikap yang bernama lengkap Toyota All New Hilux Rangga (Toyota Rangga). 

President Director TAM, Hiroyuki Ueda, saat inagurasi rilis pikap itu menyebutkan, bahwa hadirnya Toyota Rangga merupakan sejarah bagi Toyota Indonesia dengan menghadirkan produk solusi mobilitas yang baru seiring dengan perjalanan holistik Toyota di Indonesia selama 50 tahun terakhir. 

Hal yang diutarakan oleh Ueda-san itu bahwa rilis Toyota Rangga karena merujuk juga perkembagan berbagai sektor di Indonesia mulai dari privateer, sampai operasional korporasi kecil maupun raksasa yang membutuhkan sarana transportasi sekaligus mobilitas yang tangguh serta efisien.

Tidak berbeda dibandingkan ‘saudaranya’ di Thailand, Toyota Champ, mesin yang digendong untuk pasar Indonesia adalah mesin bensin 2.000 cc berkode 1TR-FE dan yang mesin diesel adalah 2.400 dengan kode 2GD-FTV. 

Untuk kelengkapan dari sisi transmisi ada pilihan transmisi otomatis dan manual.

Nah, hal yang berbeda dibandingkan model serupa yang telah rilis di Thailand tahun lalu adalah tidak adanya versi sasis long

Jurachart Jongusuk, Regional Chief Engineer of Hilux Rangga, menyebutkan bahwa meskipun pemakaian sasis panjang memang akan berdampak signifikan pada potensi daya angkut namun karakter jalanan di Indonesia tidak sesuai dengan jenis sasis panjang bagi sebuah pikap sekelas Toyota Rangga.

“Kami juga mendapatkan informasi dari proses persiapan yang intensif bahwa calon operator dari mobil ini juga mengutarakan potensi masalah jika memakai sasis panjang, radius putarnya nanti jadi tidak cocok juga untuk kondisi jalanan di mayoritas wilayah Indonesia,” ungkap Jurachart yang juga menjabat sebagai Regional Chief Engineer of Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited.    

Menyesuaikan karakter serta kondisi jalan yang akan dilalui oleh produk yang termasuk dalam program “IMV Zero” ini merupakan filosofi dasar dari perumusan, pengujian, sampai penentuan spesifikasi Toyota Rangga. 

Foto - Mengapa Toyota All New Hilux Rangga Hanya Ada Versi ‘Short’?
Pasar Indonesia lebih cocok pakai sasis pendek untuk sebuah pikap kelas menengah

Ada sepuluh varian Toyota Rangga

Pikap baru ini disebutkan oleh Jurachart “Compact Commercial Vehicle”, untuk pasar Indonesia secara resmi ada 10 varian, dengan dua pilihan dasar pikap dan sasis, berikut varian-varia tersebut;   

Mesin Bensin

  • Hilux Rangga Cab –Chassis 2.0 Standard M/T - Rp188,7 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T -  Rp193,6 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T 3WAY - Rp194,6juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.0 High M/T - Rp215,7 juta

Mesin Diesel

  • Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 DSL Standard M/T - Rp244, 7 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL Standard M/T - Rp249,6 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL Standard M/T 3WAY - Rp250,6 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High M/T - Rp283,6 juta
  • Hilux Rangga Cab –Chassis 2.4 DSL High A/T Rp299,2 juta
  • Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High A/T Rp304,5 juta

(EW)

Foto - Mengapa Toyota All New Hilux Rangga Hanya Ada Versi ‘Short’?
Daya topang baknya sampai 1,2 ton

#toyota #rangga #pikap #imv #astra #hilux #oktober #2024

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.