Melihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air

Penulis: Luthfi Aziz
Sabtu, 18 Mei 2024 13:00 WIB
Berita - Melihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air
Bagikan ke:
VinFast adalah produsen mobil listrik asal Vietnam yang telah berkomitmen terjun di pasar tanah air. Kali ini kami berkesempatan untuk melihat pabriknya langsung di Vietnam.

OTODRIVER - Pada kunjungan kami ke Vietnam, kami diberi kesempatan untuk melihat langsung pabrik VinFast yang merupakan salah satu pabrik terbesar di negara tersebut.

“Pabrik ini berdiri di pulau reklamasi yang memang nantinya akan digunakan untuk kawasan industri. Terletak di tepi indah Cat Hai, Hai Phong berdirilah pabrik VinFast dengan luas 335 Hektar dan pembangunannya hanya menghabiskan waktu 21 bulan sampai akhirnya bisa beroperasi pada tahun 2019,” jelas VinFast Deputy CEO of Electric- Electronic, Stuart Taylor. 

Foto - Melihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air
Proses perakitan mobil dengan robot

“Pabrik ini bukan hanya dasar untuk industri otomotif Vietnam, tetapi juga menjadi landasan pengembangan ambisi global VinFast untuk pasar Amerika, Canada, Eropa, Afrika Selatan, India, Pakistan, hingga pasar yang lebih dekat dari Vietnam seperti Indonesia, Thailand dan Filipina.” tambahnya. 

Sejak peluncuran pabrik di Hai Phong, VinFast telah memperkenalkan beragam kendaraan listrik, meliputi e-SUV, skuter listrik, dan bus listrik. Kemudian line up SUV VinFast terdiri dari VFe34, VF 3, VF 5, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9. 

Pada kesempatan kali ini, kami memulai tur pabrik dengan melihat bagian "Press Shop" terlebih dahulu, di sana VinFast melakukan sendiri stamping pada lembaran alumunium yang nantinya akan menjadi panel bodi.

Foto - Melihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air
Line produksi tetap diawasi oleh manusia

Luas Press Shop ini sendiri mencapai 50.000 m2, alat-alat yang digunakan untuk stamping menggunakan teknologi terkini dari Jerman dan Spanyol seperti KUKA, ABB, Siemens, dan Durr. Mesin stamping ini bisa melakukan 14 kali press dalam 1 menit. 

Saat ini, pabrik tersebut telah memproduksi sekitar 250.000 unit kendaraan per tahun, tetapi kapasitas maksimumnya bisa mencapai 300.000 unit per tahun. Lalu agenda berlanjut melihat area "Body Shop", dengan menggunakan 1.400 robot teknologi dari Eropa dan Jepang pada bagian Body Shop. Maka lini produksi pada pengelasan dan pengecatan ini dapat berjalan secara otomatis dengan level 90% - 95%. Dan juga di klaim paling modern di Asia Tenggara. 

Selanjutnya "General Assembly" Dengan luas 200.000 m2 yang terdiri dari 80.000 m2 yang digunakan untuk warehouse, dan 120.000 digunakan untuk assembly. Pada bagian General Assembly ini hanya terdiri dari 1 line tetapi bisa menampung 150 unit dengan 6 model berbeda sekaligus. 

Dalam 1 jam saja, pabrik ini bisa menyelesaikan 25 mobil yang dilakukan selama 2 shift per hari.(LA/AB)

#vinfast #vietnam

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.