GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Minggu, 5 Mei 2024 10:00 WIB
Berita - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Bagikan ke:
Desainnya terlalu brutal

OTODRIVER - Salah satu model yang menarik perhatian kami saat berkunjung di markas besar Great Wall Motor (GWM) di Boading, Hebei, China adalah sosok Tank 700.

SUV ladder frame ini merupakan produk ke empat yang menggunakan label Tank. Menurut kami ini adalah model paling brutal dari segi teknis dan desain dari jajaran Tank yang ada saat ini.

Dari sisi desain, nampak beberapa pengaruh dari Mercedes-Benz G-Class yang ditemui pada desain lampu belakang dan talang air walau punya atap lebih melandai.

Sedangkan pada bagian wajahnya nampak dijejali dengan wujud yang sangar dengan sepasang lampu utama dengan wujud membulat di bagian bawah dengan aksen ‘alis’ di bagian atas. Sekilas komposisi wajahnya mengingatkan kita pada burung hantu.

Berbeda dengan gaya desain G-Class yang mengkotak, Tank 700 punya garis bodi tajam dan radikal. Rongga bannya pun sengaja didesain mengkotak sehingga memberikan kesan berotot.

Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Tank 700 punya desain yang mirip dengan G-Class di bagian belakang

Desain ini mungkin kurang bisa dicerna dan diterima dengan baik khususnya untuk pasar seperti Indonesia. Tapi nampaknya tidak demikian dengan negara Eropa Timur, seperti Rusia.

Hal ini nampak saat kami melakukan sesi test drive pada 16 model GWM di fasilitas Xushui, di Boading. Tank 700 banyak eksplorasi oleh media asal Rusia atau negara Eropa Timur lainnya. Mereka nampak cukup antusias pada mobil ini dibandingkan model lainnya.

Sedangkan untuk bagian interior cukup mewah dengan balutan kulit Napa yang diakurkan dengan alcantara pada bagian bangku dan door trimnya.

Tombol-tombol mobil ini cukup masif dan terbuat dari material almunium yang membuat interiornya nampak mewah dan lebih macho.

Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Mesin V6 3.0 liter turbo PHEV

SUV yang sudah dijajakan di China sejak Februari 2024 ini  merupakan sebuah mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang diakurkan dengan mesin V6 3.0 liter turbo. Gabungan keduanya menghasilkan kinerja sebesar 516 hp dan torsi 800 Nm. Bahkan untuk versi edisi terbatas torsi diseting hingga 850 Nm. Mobil ini hanya tersedia transmisi otomatis 9 percepatan yang diakurkan dengan transfercase 2 percepatan. Ia mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5 detik.

Tank 700 dilengkapi dengan sistem suspensi independent pada depan dan belakangnya dengan suspensi udara hadir sebagai pilihannya.

Untuk mendukung kemampuan off-roadnya Tank 700 dilengkapi dengan differential locker pada roda depan dan belakang serta central difflock. Dan sebuah winch elektrik ditempatkan di balik bumpernya sebagai opsi pada varian bawah dan standar pada varian atas.  

Di Tiongkok, mobil berukuran full size dijual dengan tiga pilihan varian dengan banderl di angka 428 ribu sampai 700 ribu Yuan atau setara dengan Rp 950 jutaan hingga Rp 1,55 milyar. (SS)

Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Winch elektrik jadi standar pada varian tertinggi
Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Baris kedua cukup lega
Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Interior mewah
Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Tank 700 
Foto - GWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China
Tank 700 

#gwm #tank-700 #ladder-frame-suv #suv-brutal

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.