GMW Tank 400, Sodorkan Opsi Mesin Diesel

Mesin diesel justru ditawarkan setelah versi hybrid PHEVnya terlebih dulu hadir
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 14 Agustus 2024 13:00 WIB
Berita - GMW Tank 400, Sodorkan Opsi Mesin Diesel
Bagikan ke:

OTODRIVER - Mesin diesel belakangan ini nampak memudar pamornya. Perihal semakin ketatnya syarat ambang emisi menjadikan mesin bakar tanpa busi ini dinilai kurang efisien lantaran biaya pemeliharaannya bakal sangat mahal.

Namun demikian bukan berarti mesin ini lantas ditinggalkan dan mati begitu saja. Masih ada brand yang mengandalkan mesin penenggak solar ini salah satunya adalah GWM.

Bahkan pabrikan asal Tiongkok ini memasukkan opsi baru pada mobil SUVnya yakni Tank 400 untuk dicangkokkan mesin temuan Rudolf Diesel ini 

Sosok Tank 400 itu sendiri merupakan SUV yang ditempatkan di antara Tank 300 dan 500. Ia mulai dikenalkan sejak 2023 silam. Uniknya Tank 400 pertama kali hadir sebagai mobil hybrid PHEV yang berpartner dengan mesin bensin 2.0 liter. Kinerja gabungan ini menghasilkan daya 408 hp.

Lalu varian dieselnya justru menyusul di belakang dan Car News China mengabarkan bahwa mobil ini segera meluncur dalam waktu dekat ini.

Mengutip dari media lokal Tiongkok itu, Tank 400 diesel dibekali mesin berkode E24D 2.4 liter turbocharged. Dikabarkan bahwa mesin 2.4 liter ini mampu membesut daya puncak 183,72 hp. Sedikit lebih besar dari Mitsubishi Pajero Sport 2.4 yang mampu menyulut daya 179 hp. 

Seperti halnya Tank 300 dan 500, mobil ini pun bergantung pada kekokohan sasis tangga dan dibekali dengan piranti penggerak 4x4 dengan opsi rasio transfercase High dan Low.

Belum ada spesifikasi resmi yang membeberkan detail piranti off-roadnya. Namun dugaan kami, mobil ini akan mengadopsi teknologi yang digunakan pada Tank 300 ataupun 500 yakni memiliki pengunci differential pada roda depan, belakang dan juga pada tranfercasenya. 

Namun konon kabarnya Tank 400 Diesel kemungkinan hanya akan disajikan untuk pasar dalam negeri China saja. Hal ini pun berkaitan erat dengan regulasi mesin diesel yang berlaku di sana yang menyebabkan mobil ini tidak bisa dijajakan di luar China. (SS)

#gwm #tank-400-diesel

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.