Chery Tiggo 5X Terkena Recall di Filipina, Bagaimana Dengan di Indonesia?

Penulis: Ahmad Biondi
Rabu, 29 Mei 2024 13:00 WIB
Berita - Chery Tiggo 5X Terkena Recall di Filipina, Bagaimana Dengan di Indonesia?
Bagikan ke:
Tiggo 5X belum dijual resmi di Indonesia, meski begitu di negara tetangga mobil ini malah sudah ditarik kembali.

OTODRIVER – Sama halnya dengan Omoda 5, Tiggo 5X juga mendapat kabar recall di Filipina. Menurut TopGear, persoalannya juga sama dikarenakan terdapat masalah pada sumbu roda belakang (rear axle). 

Kejadian tersebut dikarenakan adanya area pengelasan pada komponen yang tidak sempurna. juga terkait hal yang sama dengan yang sebelumnya viral di Malaysia.

Para pemilik kendaraan tersebut dengan model tahun 2024, harus mendatangi diler resmi sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Chery Auto Philippines.

Kejadian yang menimpa kendaraan Omoda 5 di Malaysia beberapa waktu yang lalu, ikut meneruskan sejarah buruk perkembangan Chery di Filipina. Di negara tersebut, sebanyak 90 unit Tiggo 5X Pro harus mendatangi diler resmi untuk dilakukan perbaikan

Oleh karena itu, pihak Chery berharap kepada para pemilik untuk bisa membawa kendaraan mereka ke diler-diler resmi Chery di negara tersebut agar dapat diperiksa dan diperbaiki.

“Sebagai bagian dari komitmen teguh kami untuk memastikan keselamatan dan kepuasan pelanggannya, Chery Auto Philippines telah mengambil pendekatan proaktif dengan memulai kampanye inspeksi keselamatan untuk kendaraan Tiggo 5X Pro yang dijual oleh dealer kami,” isi surat tersebut.

Foto - Chery Tiggo 5X Terkena Recall di Filipina, Bagaimana Dengan di Indonesia?
Masalah yang terjadi di Omoda 5 sama dengan Tiggo 5X di Filipina

Meski demikian, penarikan kembali Tiggo 5X yang ada di Filipina tidak berimbas pada Tiggo 5X yang dijual di tanah air. Pasalnya mobil tersebut lahir dari pabrik yang berbeda, dan untuk pasar Indonesia sudah diperbaiki sebelum dikirim ke konsumen.

Menanggapi hal tersebut, Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI), Rifki Setiawan mengatakan, "Kebetulan di Indonesia Tiggo 5x belum diluncurkan dan didistribusikan ke konsumen sehingga dengan antisipasi yg dilakukan oleh Filipina bisa memudahkan CSI untuk mendapatkan ruang dalam memastikan Tiggo 5X yang nanti kita launching akan kita pastikan aman dari isu tersebut," jelasnya.

Meski begitu, saat ditanyakan mengenai kesamaan suku cadang untuk Tiggo 5X versi Indonesia dengan versi global, Rifki juga membenarkan. "Khusus untuk part tertentu memang masih menggunakan part dari China yg mungkin bisa sama untuk beberapa negara."

Sejauh ini, Tiggo 5X untuk pasar Indonesia belum juga dikirim ke konsumen. Harga resminya pun belum diinformasikan. Meskipun sudah dibuka pre-booked pada IIMS 2024 yang lalu. (AB) 

#chery #tiggo-5x

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.