VIDEO: Honda Civic Type R Lagi-Lagi Jadi Sedan FWD Tercepat Di Nurburgring

VIDEO: Honda Civic Type R Lagi-Lagi Jadi Sedan FWD Tercepat Di Nurburgring

Honda mengumumkan Civic Type R generasi terbarunya berhasil memecahkan rekor putaran di Sirkuit Nurburgring untuk kategori sedan penggerak roda depan alias Front Wheel Drive. Artinya, Civic Type R dengan kode bodi FL5 ini mengulang kesuksesan pendahulunya, yakni Civic Type R generasi FK8.

Seperti dikutip dari unggahan video Youtube Honda, mobil ini berhasil mencatatkan waktu putaran 7:44.881 di 12,93 mil Nordschleife. Civic Type R FL5 ini berhasil mengalahkan pemegang rekor FWD sebelumnya, yakni Renault Megane R.S Trophy-R dengan laptime 7:45.39.

Kembali ke tahun 2017, sebenarnya Civic Type R FK8 mencatatkan waktu putaran lebih cepat dibandingkan FL5. Mobil ini berhasil mencatatkan angka 7:43.8 namun saat itu jarak trek hanya mencapai 12,8 mil. Di tahun 2019, sirkuit ini mendapatkan revisi trek sehingga panjang lintasan mencapai 12,93 mil.

Jika dibandingkan dengan FK8 dengan jarak 12,8 mil, FL5 berhasil memutar lintasan dengan waktu 7:39.681 atau lebih cepat hampi 4 detik dibandingkan pendahulunya.

Ketika digunakan untuk keperluan pencatatan waktu ini, diketahui Honda Civic Type R ini dalam keadaan tanpa modifikasi. Hanya saja ban mobil menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 yang diklaim mampu menambah daya cengkram ban ketika di lintasan.

Honda Civic Type R generasi terbaru untuk pasar Eropa diketahui memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang versi Indonesia ataupun Amerika Serikat. Mesin 2.000 cc 4 silinder i-VTEC turbo-nya tersebut sanggup menghasilkan tenaga 325 dk. Sedangkan untuk pasar lainnya, Civic Type R menghasilkan tenaga mesin sebesar 316 dk.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com