Toyota Yaris Cross Hybrid Punya Kabin Besar Berkat Baterai Yang Compact

Toyota Yaris Cross hadir dengan dua varian yaitu hybrid dan bensin. Namun keduanya memiliki ruang kabin yang sama besar berkat baterai Yaris Cross yang compact.
Penulis: Ahmad Biondi
Selasa, 16 Mei 2023 09:00 WIB
Berita - Toyota Yaris Cross Hybrid Punya Kabin Besar Berkat Baterai Yang Compact
Bagikan ke:

Toyota Yaris Cross baru saja meluncur di Indonesia dengan dua varian, yaitu hybrid dan bensin. Untuk varian hybrid, Toyota Yaris Cross dibekali baterai jenis lithium-ion. Baterai lithium-ion menyimpan arus listrik untuk diteruskan ke motor traksi sebagai tenaga penggerak tambahan Toyota Yaris Cross hybrid.

Toru Uda, Chief Engineer Toyota Yaris Cross menyebutkan satu kelebihan yang dimiliki dari pemilihan baterai hybrid lithium-ion. "Akomodasi ruang kabin dan bagasi antara versi hybrid bisa semaksimal seperti versi gasoline," tekan Uda.

Ia menilai saat ini masalah utama dari kendaraan hybrid adalah ukuran baterai yang besar memakan ruang kabin.

Foto - Toyota Yaris Cross Hybrid Punya Kabin Besar Berkat Baterai Yang Compact

Jika baterai ditempatkan di area ruang bagasi maka akan mengurangi kelegaan. Begitu juga jika baterai ditempatkan di lantai bagasi yang mengurangi ruang penyimpanan.

"Baterai lithium-ion bisa dibuat ukuran yang lebih kompak dengan densitas energi yang setara dari jenis baterai lain," terang Uda.

"Ukuran baterai yang kompak tidak akan mengorbankan space pada bagian dalam mobil," tambahnya.

Untuk itu pada baterai Toyota Yaris Cross hybrid bisa diletakkan di bawah jok baris kedua. Rancangan ini diyakini Uda tidak akan mengganggu kelegaan penumpang di dalam kabin serta tidak berpengaruh pada kapasitas ruang bagasi.

#toyota #yaris-cross

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.