Toyota GR86 Trueno Edition Hanya Diproduksi 860 Unit, Simak Kelebihannya

Toyota AE86 Trueno merupakan mobil yang popular dalam dunia drifting. Dalam kartun Intial D ia juga sangat menginspirasi. Kali ini Toyota membuat GR86 dengan livery tersebut.
Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 25 Juni 2023 13:00 WIB
Berita - Toyota GR86 Trueno Edition Hanya Diproduksi 860 Unit, Simak Kelebihannya
Bagikan ke:

Jakarta, OTODRIVER Toyota AE86 Trueno merupakan mobil yang popular dalam dunia drifting. Dalam kartun Intial D, mobil tersebut juga menjadi bintang utamanya dan melambungkan namanya. Dalam anime tersebut, Toyota AE86 ini dikemudikan oleh tokoh utamanya, Takumi Fujiwara.

Dan kini ternyata mengapresiasi mobil legendaris tersebut, Toyota merilis GR86 Trueno Edition.

Seperti dilansir carscoops, GR86 Trueno ini diberikan livery Skema warna “panda” hitam-putih yang disebut Halo. Grafis atau livery tersebut sama persis dengan Toyota AE86 Trueno di seri Initial D.

Foto - Toyota GR86 Trueno Edition Hanya Diproduksi 860 Unit, Simak Kelebihannya

Bukan hanya itu, Toyota akan segera menyematkan varian warna klasik AE 86 lainya ke GR86 Trueno yang disebut sebagai Track bred. Grafis/livery tersebut merupakan kombinasi dari warna merah yang dipadukan dengan aksen-aksen hitam.

Namun, bukan hanya diubah secara tampilan saja, Toyota GR 86 Trueno edition ini juga ditingkatkan secara performa. Untuk memaksimalkan kenyamanan dan handling, mobil sport dua pintu itu disematkan damper ZF Sachs.

Damper tersebut memanfaatkan nitrogen dan oli untuk menyerap getaran untuk memaksimalkan kontak dengan aspal dan meningkatkan kestabilan kemudi. 

Selain diberi damper baru, sistem pengereman mobil ini juga ditingkatkan dengan Brembo dengan pengaturan kaliper empat piston di bagian depan dan kaliper dua piston pada rem belakang.

GR86 Trueno Edition juga dilengkapi dengan pelek 10-spoke berbahan aluminium yang memiliki ukuran 18 inci. Namun, ban yang digunakan masih memakai bawaan standar.

Bagian mesin pun juga tidak ditingkatkan. Meskipun begitu, GR86 Trueno sudah dibekali mesin berkapasitas 2387 cc yang mampu memuntahkan tenaga 232 HP dan torsi 250 Nm.

Sayangnya, Toyota GR86 Trueno Edition hanya akan dipasarkan di Amerika Serikat. Selain itu, mobil ini hanya diproduksi terbatas sebanyak 860 unit. 

Foto - Toyota GR86 Trueno Edition Hanya Diproduksi 860 Unit, Simak Kelebihannya

Untuk saat ini, Toyota masih belum mengungkapkan harga GR86 Trueno Edition. Menurut informasi yang beredar, perusahaan otomotif asal Jepang ini akan segera mengumumkan harga sekaligus meluncurkan mobil tersebut di akhir tahun ini.

Di Negeri Paman Sam sendiri, Toyota GR 86 standard dijual pada angka 28.400 Dollar AS atau setara dengan 424.296.000. Sementara itu, GR 86 versi standar ini juga dipasarkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan harga mulai Rp 956,9 juta. (AB)

#toyota #gr-86

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.