Tiang Listrik Pinggir Jalan Akan Dijadikan Tempat Ngecas Mobil Listrik

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Jumat, 14 Juli 2023 11:00 WIB
Berita - Tiang Listrik Pinggir Jalan Akan Dijadikan Tempat Ngecas Mobil Listrik
Bagikan ke:
PLN mempertimbangkan tiang listrik pinggir jalan supaya bisa digunakan menjadi public charging.

OTODRIVER - Untuk menuju era elektrifikasi PT PLN akan mempertimbangkan penggunaan tiang listrik di pinggir jalan sebagai tempat pengisian daya kendaraan listrik.

"Mempertimbangkan tiang listrik pinggir jalan supaya bisa digunakan menjadi public charging, ditambahi kabel charging walau itu agak slow charging," kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo saat rapat bersama Komisi VI DPR RI Jakarta, Rabu (12/7) yang disiarkan live melalui Youtube.

Tetapi, untuk mengaplikasikannya dibutuhkan studi supaya penambahan beban arus listrik pada tiang listrik tak berdampak negatif terhadap distribusi listriknya.

"Rencana ini sebagai salah satu upaya PLN dalam mendukung program percepatan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Tanah Air," ujar Darmawan.

Perlu diketahui, saat ini PLN telah menyediakan lebih dari 600 unit SPKLU di sejumlah lokasi guna mendukung program elektrifikasi pemerintah.

PLN juga memperluas sebaran tasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah kota melalui strategi franchise.

Sehingga PLN hanya akan membangun SPKLU untuk kemudian bisa dimanfaatkan pihak mitra.

"Kita juga akan membangun strategi franchise, karena kami mengakui tidak punya tempat parkir yang strategis. Yang punya itu misalnya Starbuck, McDonald, KFC, BRI, BNI, Mandiri, Bank-Bank Swasta dan perkantoran serta Mall," pungkasnya. (GIN)

#pln #spklu #mobil-listrik #kendaraan-listrik

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.