Tak Hanya Sepeda Motor, Sasis Mobil Juga Bisa Keropos

Tak Hanya Sepeda Motor, Sasis Mobil Juga Bisa Keropos

OTODRIVER - Akhir-akhir ini tengah viral maraknya sepeda motor yang mengalami keropos pada bagian rangka, lantas apakah keropos juga bisa menimpa sasis mobil yang merupakan kerangka penyangga seluruh bagian mobil?

Sasis mobil sendiri merupakan bagian penyangga seluruh komponen bodi mobil, mulai dari bodi, mesin, kaki-kaki hingga ke bagian roda.

Ilustrasi bagian sasis mobil keropos

Kendati demikian, bagian sasis mobil rupanya tak luput dari keropos atau kerusakan struktur yang disebabkan oleh karat.

Ribut Raharjo selaku pemilik bengkel spesialis BMW Key Auto di bilangan Jakarta Selatan mengungkapkan keropos sasis kerap melanda mobil yang sudah berumur.

“Biasanya terjadi pada mobil yang umurnya sudah lebih dari 25 tahun dan pabrikan Eropa. Yang paling umum ditemui di BMW Seri-3 generasi E30 dan juga Mercedes-Benz E-Class W123 dan juga W124,” ujarnya ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (23/8).

Akan tetapi, pria yang akrab disapa Jo ini menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang wajar.

“Keropos sasis kalau di mobil yang sudah berumur 25 tahun lebih ya wajar saja lah. Selama 25 tahun mobil tersebut harus melalui iklim panas dan hujan, belum lagi air hujan disertai dengan zat-zat tertentu yang membuat bagian sasis keropos,”

Jo menambahkan bahwa pada mobil yang sudah berumur, bagian yang keropos tersebut bisa di perbaiki dengan restorasi.

“Bisa direstorasi. Biasanya bagian yang keropos tersebut kita potong kemudian kita tambal dengan besi baru dan kemudian dilapis dengan cairan anti karat,” timpalnya

Tetapi pada mobil keluaran baru, Jo menjelaskan jarang sekali mobil mengalami karat atau keropos pada bagian sasis.

"Jarang sekali sasis keropos pada mobil keluaran baru," tutup Jo. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com