Siap-siap! Sebentar Lagi Beli Pertalite Akan Dibatasi

Siap-siap! Sebentar Lagi Beli Pertalite Akan Dibatasi

Tampaknya pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi Pertalite untuk mobil pribadi akan segara dilakukan pemerintah. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Ia menyatakan bahwa siap untuk mengimplementasikan pembatasan pembelian BBM dengan RON 90 itu di Indonesia. "Data-data yang dibutuhkan seperti database masyarakat atau konsumen untuk bisa membeli BBM berharga Rp 10.000 per liter itu sudah tersedia. Agreement-nya sudah ditanda tangani, teknis sudah berjalan. Datanya juga, sudah bisa ditarik," ujar Widuawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan melalui Youtube, Selasa (7/2).

Nantinya tinggal tunggi revisi Perpres 191/2014 untuk dasar siapa golongan masyarakat yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi ini. "Kalau sudah keluar, kita bisa langsung tarik karena datanya sudah ada," kata Nicke.

Sebelumnya, anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan jenis yang tak boleh mengkonsumsi BBM subsidi adalah mobil dan motor mewah yang ditentukan dari kapasitas mesinnya. Setelah sebelumnya, menyasar pada mobil-mobil di atas 2.000 cc, kini tengah dikaji untuk mobil di bawah 1.500 cc yang boleh nenggak BBM jenis Pertalite.

"Yang akan kita atur nanti istilahnya pelat hitam itu boleh konsumsi Pertalite tapi yang termasuk mewah dalam kategori cubicle centimeter-nya (cc) yang kita ambil. Apakah itu 1.500 cc ke atas atau 2.000 cc," papar Saleh.

Untuk kuota harian pembelian Pertalite juga masih menunggu Perpres 191/124, saat ini hanya solar subsidi yang sudah diketahui pembatasan pembelian.

Untuk kendaraan pribadi pelat hitam maksimal 60 liter per hari, angkutan umum orang atau barang roda 4 dijatah 80 liter per hari, dan angkutan umum roda 6 sebanyak 200 liter per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com