Prediksi Puncak Mudik 2023 Terjadi Pada 21 April 2023

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Jumat, 31 Maret 2023 12:00 WIB
Berita - Prediksi Puncak Mudik 2023 Terjadi Pada 21 April 2023
Bagikan ke:
Prediksi puncak mudik berkaca dari perubahan tanggal cuti bersama.

Jumlah pemudik tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan ketimbang tahun lalu, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, ia menyebut ada 123 juta orang yang diprediksi mudik tahun ini. Jumlah tersebut naik dari pemudik tahun lalu yang diperkirakan 85 juta orang.

Dalam hal ini penting bagi pemudik untuk mengetahui waktu kepadatan kendaraan atau arus mudik. Lantas kapan puncak arus mudik 2023? 

Berdasarkan prediksi pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan dengan puncaknya tanggal 21 April 2023. Hal tersebut dikarenakan adanya pergeseran cuti bersama, masyarakat diharap bisa menghindari puncak arus mudik itu.

"Pergeseran tanggal cuti bersama dan menambah satu hari untuk memberikan kesempatan masyarakat ambil cuti lebih awal, untuk menghindarkan penumpukan pada puncak yang waktunya diperkirakan bersamaan dengan perayaan Idul fitri yakni 21 April 2023," kata Muhadjir dalam konferensi pers, dikutip dari laman CNN. 

Lebih lanjut ia berharap dengan penambahan cuti bersama, siapa saja dapat memanfaatkan kesempatan baik dan membuat perencanaan mudik akan lebih matang. 

Di sisi lain, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan kendaraan mudik akan mulai padat sejak 18 April hingga 21 April. 

"Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan untuk cuti bersama dimajukan tanggal 19 (April). Jadi kita prediksi 18 malam sudah mulai ada kepadatan," ujarnya. 

Jadi, sebelum mudik penting untuk mengetahui kapan waktu puncaknya agar dapat terhindar dari kemacetan panjang yang tak bisa dihindarkan. 

#mudik #puncak-mudik #arus-mudik #mudik-2023 #kemacetan-mudik

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.