Omoda 5 GT Dipersenjatai Transmisi Dual-Clutch, Ini Kelebihannya

Omoda 5 GT Dipersenjatai Transmisi Dual-Clutch, Ini Kelebihannya

OTODRIVER - Chery resmi meluncurkan varian tertinggi dari Omoda yaitu Omoda 5 GT pada 29 September 2023.

Untuk varian tertinggi ini, selain memiliki tenaga yang lebih besar, ia juga dipersenjatai dengan transmisi dual-clutch alias kopling ganda. 

Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Harry Komara menyatakan transmisi dual-clutch bakal menambah kenyamanan berkendara. “Dual-Clutch itu kan lebih halus, lebih bagus, bisa membuat mobil jauh lebih bertenaga dan bisa lebih awet,” kata Harry di sela-sela acara peluncuran Omoda 5 GT.

DCT merupakan transmisi otomatis yang menggunakan dua kopling. Kedua kopling ini bakerja pada dua set gigi yang berbeda, satu komponen pada gigi ganjil dan lainnya di gigi genap. 

Sehingga, ketika melakukan perpindahan gigi akan menjadi lebih halus karena masing-masing kopling telah mempersiapkan gigi berikutnya. Transmisi akan meminimalisir hilangnya tenaga, yang dapat berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. 

DCT 7-Percepatan ini disalurkan pada dua varian Omoda 5 GT yaitu Front Wheel Drive (FWD) dan All-Wheel Drive (AWD). Ini juga menjanjikan perpindahan transmisi yang lebih cepat dibandingkan Continously Variable Transmission (CVT). 

Pengujian Omoda 5 GT oleh Otodriver

Harry menjelaskan, setidaknya ada empat sektor yang disempurnakan pada Omoda 5 GT dibandingkan pendahulunya. Pembaruan itu mencakup tenaga, desain futuris, teknologi, serta keamanan dan kenyamanannya. 

“Dengan berbagai penyempurnaan, Omoda 5 GT dapat menjelajah lebih jauh bersama keluarga dan kerabat. Sehingga beragam kebutuhan mampu dipenuhi oleh keluarga di mobil ini,” tambahnya. 

Untuk sektor dapur pacu, Omoda 5 GT dibekali mesin 4 silinder 1.600 cc TGDI (Turbo Gasoline Direct Injection). Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 197 HP dan torsi puncak 290 Nm. Ada tiga mode berkendara di tipe FWD dan enam mode berkendara pada varian AWD. 

Soal harga, Chery Omoda 5 GT FWD dipasarkan dengan Rp 448,8 juta dan tipe Omoda 5 GT AWD dibanderol Rp 488,8 juta, on the road Jakarta. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com